PB, Jakarta — Politikus PDI-P, Dewi Tanjung, melaporkan 3 orang ulama ke Polda Metro Jaya, Selasa (14/5).

Ketiga ulama yang dilaporkannya itu adalah  Imam Besar Ormas Islam Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, Ustadz Bachtiar Nasir dan Tokoh Ormas Islam Muhammadiyah sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Naisonal (PAN) Prof. Dr. Amien Rais.

Sebelumnya, Dewi  juga telah melaporkan aktivis Islam lainnya Eggi Sudjana yang kini menjadi tersangka kasus dugaan makar.

“Hari ini saya bersama tim lawyer saya melaporkan Amien Rais dan kawan-kawan. Di dalam ini ada Habib Rizieq dan Bachtiar Nasir,” ujar Dewi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, seperti dilansir kompas.com Selasa malam (14/5).

Menurut Dewi, ia melaporkan ketiga orang tersebut atas tuduhan yang sama dengan Eggi Sudjana, yakni makar terkait seruan “people power”.

Ia sebenarnya ingin melaporkan bersama dengan melaporkan Eggi, tetapi saat itu kurang alat bukti.

Laporan Dewi atas sangkaan makar terhadap Amien Rais dkk telah diterima Polda Metro Jaya dengan nomor register LP/2998/V/2019/PMJ/Dit. Reskrimum.

Dewi membawa empat alat bukti berupa video orasi Amien, Habib Rizieq, dan Bachtiar yang dinilai mengandung unsur makar di dalam satu CD.

“Orasinya Bapak Amien Rais di depan KPU, tanggal 31 Maret waktu demo. Waktu itu saya sempat lihat, makanya saya laporkan. Habib Rizieq waktu itu saya lihat di video yang beredar di WhatsApp group, dia menyerukan people power dan meminta Jokowi turun,” klaim Dewi.

“Bachtiar Nasir saya lihat di YouTube. Dia menyerukan revolusi-revolusi, berkali-kali,” ucap Dewi lagi.

Politikus PDI-P Dewi Tanjung melaporkan Amien Rais, Rizieq Shihab, dan Bachtiar Nasir ke Polda Metro Jaya pada Selasa (14/5) atas tuduhan makar.

Dengan laporan ini, Dewi berharap, proses hukum yang membelit Eggi Sudjana juga dilakukan terhadap Amien, Habib Rizieq, dan Bachtiar.

“Ya, harapan yang sama. Saya berharap tiga-tiganya sampai ke pengadilan untuk mempertanggunjawabkan perbuatannya, berempat dengan Eggi,” ujar Dewi.

Ia mengaku masih menyimpan nama-nama lain untuk dilaporkan atas sangkaan yang sama. Namun, Dewi belum mau membuka nama-nama tersebut.

Terdekat, ia berencana menyurati Duta Besar Arab Saudi untuk memulangkan Habib Rizieq dan Ustadz Bachtiar yang berada di Arab Saudi.

“Ada lagi sebenarnya yang mau dilaporkan, tapi menyusul, bertahap semua. Saya juga berpikir ingin bikin surat ke Dubes Arab Saudi untuk memulangkan Habib Rizieq dan Bachtiar Nasir,” jelasnya.

 

(Redaksi/Sumber)

loading...