PB, Jakarta — Memiliki nama tenar tidak menjamin artis-artis ini lolos menjadi anggota DPR untuk periode 2019-2024 di pemilu 17 April 2019. Faktanya popularitas yang dimiliki tidak mampu membawa caleg artis ini melangkah ke Senayan.

Dikutip merdeka.com, Kamis (16/5), berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), inilah beberapa caleg artis yang gagal melenggang ke Senayan di pemilu 17 April 2019.

Manohara Odelia

Artis cantik Manohara gagal bersaing dengan caleg-caleg lain dari Dapil Jawa Timur I meliputi Surabaya-Sidoarjo di Pemilu 2019. Berdasarkan rekapitulasi KPU, Manohara yang maju dari Partai NasDem hanya mendapatkan 6.865 suara.

Emilia Contessa dan Denada

Penyanyi senior Emilia Contessa caleg PAN juga gagal karena hanya meraih 29.652 suara. Emilia Contessa maju dari Dapil IV Jawa Timur meliputi Lumajang dan Jember.

Putri Emilia, yakni Denada yang sama-sama menjadi caleg dari PAN maju dari Dapil Jatim 8 meliputi Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Madiun, Nganjuk dan Jombang, hanya mendapatkan 43.573 suara gagal ke Senayan.

Venna Melinda

Venna Melinda juga salah satu artis yang tidak lolos ke Senayan. Venna maju dari Partai NasDem Dapil Jawa Timur VI. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Venna mendapatkan 57.060 suara.

Sebelumnya Venna menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari Partai Demokrat. Saat Pemilu 2019, Venna memutuskan pindah ke Partai NasDem, sayangnya dia gagal menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

Ahmad Dhani

Artis papan atas yang tidak lolos ke Senayan yakni Ahmad Dhani. Dhani maju dari Partai Gerindra Dapil Jawa Timur I meliputi Surabaya-Sidoarjo. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Dhani hanya mampu meraup suara 40.148 suara

Giring Ganesha dan Chocky Sitohang

Artis Giring Ganesha dan Chocky Sitohang harus menerima tidak lolos ke Senayan, walau keduanya mampu meraup suara positif di Dapilnya masing-masing. Hali ini, karena partai tidak mencapai ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Mantan vokalis Nidji, Giring Ganesha maju dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil Jawa Barat I meliputi Kota Bandung dan Cimahi. Mampu meraup suara cukup tinggi 47.069 suara. Namun langkah Giring menduduki kuris DPR harus terhenti karena suara PSI untuk sementara berdasarkan penghitungan KPU mendapat 1,71 persen.

Nasib serupa juga dialami, presenter ternama Chocky Sitohang caleg Partai Perindo ini mampu meraup suara 38.132 suara dari Dapil Jabar I. Chocky gagal ke Senayan karena suara perindo di bawah ambang batas perlemen 4 persen. Sementara berdasarkan penghitungan KPU perindo mendapatkan 2,66 persen.

 

(Redaksi/Sumber)

loading...