Dengan berolahraga teratur, sudah tentu akan menimbulkan perasaan dan semangat yang besar untuk tetap menjaga gairah di dalam tubuh agar tetap berpikir dan bersikap positif.

Karena dengan olahraga tentunya seluruh anggota tubuh terlibat untuk mengeluarkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Salah satu cabang olahraga yang paling banyak dinikmati oleh kaum hawa adalah olahraga jenis senam, terbukti dengan banyaknya kelompok dam sanggar senam yang menjamur di sekitar kota. Senam adalah salah satu olahraga yang mengandalkan aktifitas gerak baik sebagai olahraga maupun sebagai cabang olahraga lainnya.

Maka sebuah kelompok yang terdiri dari emak-emak membuat sebuah kelompok bernama Klub Jantung Sehat Ragunan Bugar yang disingkat menjadi “KJS Ragunan Bugar” yang secara rutin menggelar senam bersama setiap Minggu. Karena manfaat dan hasil yang positif didapatkan selama melakukan kegiatan senam di kelompok mereka, maka tidaklah mengherankan jika jumlahnya yang awalnya masih bisa dihitung dengan jari, kini langsung melonjak menjadi ratusan, melihat hal itu, semangat untuk tetap berolahraga terus menerus ditularkan kepada emak lainnya agar tetap melanjutkan berolahraga senam.

Kegiatan rutin senam KJS Ragunan Bugar ini seringkali dilaksanakan di Bumi Perkemahan Ragunan (Buperta – red) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selain luasnya juga suasana diantara pepohonan semakin mendukung untuk terus hadir berolahraga bersama, terlebih pada hari Minggu pagi tentunya menjadi kesempatan bagi bagi emak-emak untuk hadir.

Winda, salah satu peserta KJS Ragunan Bugar mengatakan bahwa, “Senam khusus untuk kesehatan jantung seperti senam kesehatan jasmani, terutama yang dilakukan beramai-ramai pasti seru deh, dan terutama sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.” ujar Wimda sambil menambahkan jika aliran darah lancar, otomatis pembuluh darah tak gampang terkena penyumbatan.

” Jantung kita dapat bermasalah karena pada umumnya terjadi sumbatan pembuluh darah oleh lemak dan kolesterol jahat.” tutur Winda semangat karena baru saja selesai melakasanakan senam bersama rekan-rekannya.

Para peserta KJS Ragunan Bugar, biasanya melakukan senam khusus untuk jantung selama setengah jam, karena menurut Winda, tubuh akan terbantu untuk memperoleh kebutuhan oksigen sekaligus sebagai cara membakar lemak yang sederhana namun efektif sehingga lemak dan kolesterol tak menghalangi aliran darah.

Para anggota KJS Ragunan Bugar ini memiliki 3 orang instruktur senam terlatih dan profesional, yaitu Rhara, Hj. Yanti dan Rini yang juga menjadi motivator bagi anggota KJS RB, untuk semakin memberikan semangat agar tetap berolahraga.

Secara terpisah, Hj.Yanti menjelaskan singkat bahwa, “Olahraga senam juga merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Olahraga sebagai bentuk latihan kebugaran jasmani sangat penting dilakukan untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Karena, gaya hidup jarang beraktivitas fisik adalah salah satu faktor risiko utama terkena penyakit jantung,” tegas Hj.Yanti.

Sementara itu, instruktur lainnya bernama Rhara juga menambahkan, jika jantung seseorang akan semakin kuat dan sehat apabila ia menjalani hidup aktif atau rajin berolahraga.

“Ketika berolahraga, jantung akan bekerja dengan optimal untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.” ujarnya, karena itu Rhara meminta agar tetap melakukan olahraga yang teratur agar ikut membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan memastikan darah mengalir dengan baik, membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat atau LDL, dan meningkatkan kolesterol baik HDL.

” Juga termasuk menjaga berat badan ideal, menghilangkan stres, memperbaiki mood dan kepercayaan diri, hingga membantu tidur lebih nyenyak. Mari Senam bersama KJS Ragunan Bugar pasti bermanfaat seraya menjalin persaudaran,” tambahnya dengan wajah berseri – seri.

” Emak-emak yang bahagia dan sehat sudah tentu dapat menjaga keharmonisan keluarga yang lebih baik dan membawa aura positif bagi anggota keluarga lainnya,” ujar Winda mengakhiri wawancara.

(Bayu Segoro)

loading...