PB, Makassar — Prajurit Pangkalan Utama TNI AL VI mengikuti latihan bongkar pasang senjata di Lapangan Apel Arafuru Markas Komando (Mako) Lantamal VI, Selasa (9/7)

Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal VI Letkol Laut (P) Andik Putro saat memimpin latihan mengatakan kegiatan bongkar pasang senjata adalah kegiatan rutin yang kita gelar untuk meningkatkan kemampuan,keterampilan dan ketangkasan prajurit.

Kata dia, latihan ini bertujujuan agar prajurit cepat,tepat dalam bongkar dan pasang komponen-komponen senjata.

“Tidak menutup kemungkinan pada saat penugasan prajurit yang menemui kendala dalam penggunaan senjata. Untuk itu diperlukan prajurit yang cekatan dan terampil dalam menangani kendala senjata tersebut,” ujar Dandenma Lantamal VI.

Sebelum latihan, pelatih dari Staf Operasi Detasemen Markas (Denma) Lantamal VI Peltu SAA Puji Purwono memberikan ulasan tentang anatomi dan teknis pelaksanaan bongkar senjata.

Menurut pelatih bongkar pasang senjata mengatakan latihan ini berguna meningkatkan kemampuan setiap prajurit dalam kesiapsiagaan.


“Kami berharap semua prajurit Lantamal VI tidak hanya mahir menembak, tetapi juga terampil saat melakukan bongkar pasang senjata laras panjang jenis SS-1 dan senjata pistol jenis SIG Sauer P226,” ujarnya saat mengawasi anggota melakukan latihan bongkar pasang senjata.

Dia mengakui keterampilan bongkar pasang senjata sebenarnya telah mereka dapatkan selama menjalani pendidikan namun harus diasah lagi supaya terjaga kemampuannya dan lebih mahir lagi.

Selain meningkatkan kemampuan prajurit, latihan bongkar pasang senjata juga bermanfaat membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan sewaktu-waktu.

(Redaksi)

loading...