PB, Lumajang — Dalam Rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73 di Kodam Brawijaya Surabaya, Polres Lumajang berinisiatif menampilkan UKM berupa batik “Glow In The Dark” karya lokal putra Lumajang.

Di Kecamatan Pasirian tepatnya di Desa Joho terdapat seniman pembuat batik yang dapat memberikan efek cahaya saat dikenakan dimalam hari.


The Best Batik Art Kreater (Kreasi Arek Scooter) tempat pembuatan batik Lumajang yang memiliki kekhas-an, karena batiknya menyala di kegelapan.

Seniman bernama Rahmat adalah pencetus ide pembuatan batik yang bisa gambarnya bisa menyala di kegelapan.

Banyak masyarakat Surabaya yang memanfaatkan Batik yang ditempatkan di Stan Pameran Polres Lumajang untuk berswafoto, karena kesannya batik tersebut lebih hidup dan menyala. banyak juga yang membeli untuk koleksi mereka.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban menjelaskan karya batik ini adalah hasil kreatifitas masyarakat Lumajang yang sangat berpotensi dalam pasar nasional.

Batik ciptaan Sudara Rahmat ini bahkan mampu menembus pasar internasional karena banyak peminatnya yang berasal dari manca negara.

Walaupun masih melalui perantara, harga jual yang didapatkan pengrajin mencapai Rp 150 ribu.

“Saya harap potensi ini dapat diberdayakan dan dikembangkan, karena dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit dan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan. dengan demikian dapat mengurangi kesenjangan ekonomi di Lumajang. Semoga Karya Lokal putra Lumajang ini bisa dikenal secara nasional, dan semoga Batik Glow in the Dark bisa menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Lumajang,” ujar Arsal.

(Redaksi)

loading...