PB, Lumajang — Tim Cobra Polres Lumajang tetap melaksanakan patroli cipta kondisi agar tidak terjadi tindak kriminalitas yang dapat mengganggu jalannya ibadah takbiran dan pelaksanaan perayaan Idul Adha.

Terpantau masyarakat di Lumajang tidak ada yang melaksanakan takbiran keliling menggunakan mobil, semuanya terkonsentrasi secara khusu’ di masjid-masjid.

Hal ini sesuai dengan himbauan dari pemerintah daerah dan Polres Lumajang yang terus menyampaikan manfaat takbiran di masjid dibanding takbir keliling dengan cara konvoi.

Terpantau juga pelaksanaan shalat Idul Adha berjalan dengan tertib dan untuk di Lumajang sendiri dipusatkan di masjid agung Anas Ma’fud Kab Lumajang.

Masyarakat banyak yang antusias melihat pemotongan hewan qur’ban yang dilakukan oleh tiap masjid. terlihat banyak anak-anak dan orang dewasa yang ikut menyaksikan prosesi pemotongan hewan qur’ban.

juga terlihat cukup ramai masyarakat yang menuju ke destinasi wisata di negeri diatas awan, Tumpak sewu dan hutan bambu. masing-masing tempat wisata ini memang memiliki ke unikan masing-masing, sehingga tidak pernah sepi di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun skala nasional.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengungkapkan bahwa perayaan Idul Adha tidak seperti malam hari raya Idyl F]riyadimana masyarakat berhamburan keluar untuk melakukan konvoi takbir keliling. Malam idul adha diisi dengan lantunan bacaan takbir di setiap Masjid yang terlihat sangat khusyuk.
Meski keadaan terlihat kondusif, hal tersebut tidak membuat pihak kepolisian terlena begitu saja. Tim Cobra Polres Lumajang melakukan pengamanan dibeberapa masjid di wilayah Lumajang dan juga melaksanakan Patroli antisipasi kerawanan untuk mencegah kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas” pungkas Arsal.

Adit seorang warga Kelurahan Jogotrunan yang melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid agung Anas Ma’fud menjelaskan “perayaan malam idul adha kali ini tidak seperti perayaan sebelum-sebelumnya. Pelaksanaan pemotongan hewan qur’ban juga berjalan aman dan kondusif. Tempat penyembelihan hewan Qur’ban banyak dipadati masyarakat yang ingin melihat prosesi pemotongan dan yang lainnya saling bergotong royong menyembelih hewan Qurban,” ujar Adit.

 

(Redaksi)

 

loading...