PB, Skouw – Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74, pada Sabtu 17 Agustus 2019 lalu menjadi momentum penerimaan secara resmi Satgas Pamtas Yonif 713/ST oleh Kepala PLBN Skouw, Yan Z Numberi, di Halaman PLBN Skouw, Jayapura.

Momentum tersebut ditandai dengan kegiatan tradisi Suku Sayneri yakni ritual Injak Piring.

Tradisi Ritual injak piring ini diberikan kepada Komandan Satgas Yonif 713/SatyaTama sebagai penghargaan suku dan telah diterima oleh Suku Sayneri dalam rangka untuk menjaga keamanan perbatasan RI-Papua New Guenie.

Yan Z Numberi mangatakan bahwa tradisi injak piring merupakan bentuk penghormatan terhadap warga yang baru memasuki wilayah tersebut dan merupakan upaya melestarikan budaya leluhur turun temurun  nenek moyang Suku Sayneri Bumi Papua.

“Ini adalah suatu acara dari Suku Sayneri di mana kami menyambut untuk menjadi bagian dari orang Papua dan kalo hari ini saya melaksanakan ritual ini Pak Dony menjadi bagian dari orang papua kemana saja dia pergi tetap ingat papua dan PLBN Skow,” ungkapnya.

Kata dia, tradisi injak piring ini dilakukan oleh kedua kaki dan berdiri diatas piring tanpa alas kaki.

Yan Z Numberi berharap Satgas Yonif 713/ST dapat menjalankan tugasnya dengan baik dengan tetap menjaga kekompakan dengan Rakyat.

Sementara itu Komandan Satgas Yonif 713/ST . Mayor Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han. M.I.Pol. mengungkapkan rasa bangga atas penyambutan tersebut.

“Ini suatu kebanggan saya tersendiri dan umumnya untuk satuan tugas Batalyon Infanteri 713/ST Kodam XIII/Merdeka , kami disini sudah diakui bahwa diterima menjadi orang papua dan selama melaksanakan tugas selama 9 bulan kedepan akan berusaha semaksimal mungkin membantu dan meringankan beban beban masyarakat yang ada di papua, karena dasarnya TNI berasal dari Rakyat dan akan kembali menjadi Rakyat,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustama Saru, Danpos TNI AL Skouw Kapten Laut (PM) Sudiro. S.H., Kapolsek Muara Tami AKP Pieter Kalahatu, SH., Danramil Muara Tami Lettu Inf Louis L Merauje dan Kapolpos Skouw, Iptu Kasrun.

 

(Redaksi)

loading...