PB, Yogyakarta — Dalam rangka kunjungan kerja ke UMKM-UMKM binaan Asprindo di Yogyakarta pada tanggal 2 dan 3 September 2019, Ketua Umum DPP Asprindo Jose Rizal juga berkesempatan mengujungi kegiatan Sleman Innovative Fashion and Craft (SIFC) yang diselanggarakan oleh Dekranasda Kabupaten Sleman di Jogja City Mall.
Kegiatan SIFC yang bertemakan Industri Olahan Berbasis Bambu Berkualitas diikuti oleh sekitar 32 UMKM yang berasal dari Sleman.
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman Sri Purnomo yang didampingi oleh Ketua Panitia SIFC yakni Ketua Dekranasda Sleman, Ibu Sri Purnomo, yang mewakili Ketua Dekranasda DIY Ibu Sri Paduka Pakualam X dan Ketua DPP Asprindo Jose Rizal.
Dalam kesempatan berkeliling meninjau stand yang ada, Ketum DPP Asprindo tertarik dengan berbagai jenis kerajinan bambu yang berkualitas tinggi.
Apalagi pada saat ini Asprindo sedang memfasilitasi rencana ekspor stick bambu untuk peribadatan ke India.
Kegiatan pembukaan SIFC diramaikan oleh penampilan angklung oleh ibu-ibu, paragaan produk-produk olahan bambu oleh para peragawati serta barongsai berbahan dari dari bambu yang meliuk-meliuk dengan indahnya sesaat setelah prosesi pembukaan selesai dilaksanakan.
Selain pameran, kegiatan SIFC yang berlangsung selama sepekan dalam kesehariannya diisi dengan berbagai seminar/talk shaw dengan beragam tema untuk UMKM dan para pengunjung yang berminat.
Di pagi hari pada hari yang sama sebelumnya Ketum Asprindo juga meninjau unit produksi “Alamie” yakni produk mie berbahan utama buah-buahan dan sayuran milik Supriyanto dan ke Sweet Sundae Ice Cream milik Andromeda yang kedua-duanya merupakan UMKM pengurus dan anggota DPW Asprindo Yogyakarta.
Saat ini keduanya sedang meningkatkan kapasitas unit produksinya dengan membangun pabrik sesuai permintaan konsumen dan mitra kerjanya.
Kunjungan kerja Ketum DPP Asprindo diakhiri dengan meninjau unit priduksi pengolahan Kopi Robusta “Merapi” di Jalan Kaliurang sebagai salah satu komoditas unggulan subbsektor perkebunan Provinsi DIY.
(Asikin Chalifah/Red)
loading...