PB, Keerom — Salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad adalah menjaga perbatasan Negara RI-PNG wilayah darat dan mengamankan patok-patok perbatasan yang ada.
Untuk menjaga dan mengamankan patok perbatasan tersebut,  Sabtu lalu (5/10), 12 personel Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang dipimpin Dan Pos Ubrub Lettu Inf. Katrub melaksanakan patroli patok MM.4.5.
Sebagaiamana SOP yang ada, sebelum melaksanakan patroli, Danpos Ubrub memberikan breifing kepada seluruh personel yang akan melaksanakan patroli untuk menentukan rute perjalanan dan mengetahui situasi medan sesungguhnya.
Danpos Urbunmb mengatakan pihaknya menempuh jarak kurang lebih 11 Km dari Pos Somografi menuju Patok MM.4.5 dengan melewati medan yang berat yakni melewati jalan setapak, rawa, sungai, gunung dan hutan.
“Selama 2 hari perjalanan akhirnya kami berhasil menemukan Patok MM.4.5 dalam kondisi baik dan tidak bergeser sesuai dengan koordinatnya,” ujar Lettu Katrub, Senin (7/10).
Usai melaksanakan patroli patok perbatasan kata dia, pihaknya bergerak menuju Pos Tatakra untuk melaksanakan patroli patok berikutnya yaitu patok MM 5.0
Lanjutnya, patroli tersebut wajib dilaksanakan untuk mendata letak (koordinat) patok tersebut, dan meyakinkan patok tersebut tidak bergeser.
“Usai menemukkan patok, selanjutnya kami akan memasukkan data koordinat patok tersebut ke GPS, dan akan dilaporkan ke Komando Atas,” jelasnya.
(Redaksi)
loading...