PB, Lumajang — 31 anak pilihan asli Kabupaten Lumajang tersebut berhasil keluar sebagai juara pertama seleksi perlombaan Pocil tingkat Nasional yang diadakan Korlantas Mabes Polri di Polda Jawa Timur, Senin (14/10).

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan bahwa perlombaan kali ini adalah perlombaan ulang yang dinilai langsung dari Korps Lantas Mabes Polri.

“Pesertanya 4 pocil yang sebelumnya juara 1 sampai 4 di Tingkat Polda Jawa TImur,” ujar Kapolres Lumajang, Selasa (15/10).

Kata dia, pada perlombaan awal yang dinilai oleh Polda Jawa Timur juara 1 adalah Pocil Lumajang, juara 2 Pocil Nganjuk, juara 3 Pocil Banyuwangi dan juara 4 Pocil Bojonegoro.

“4 Juara ini kemudian dinilai kembali dari tim Penilai dari Mabes Polri, dan ternyata ada perubahan pemenang,” ujarnya lagi.

Lanjutnya, susunan pemenang usai penilaian dari Mabes Polri adalah juara pertama masih dipertahankan oleh Lumajang namun juara 2 dan seterusnya berubah.

“Juara 2 diperoleh Pocil Banyuwangi yang sebelumnya juara 2, kemudian juara 3 Pocil Bojonegoro dan juara 4 pocil nganjuk yang sebelumnya juara 2,” urainya.

Menurut Kapolres, Pocil Lumajang memang sangat pantas dan layak menjadi pemenang karena hampir tidak ada kelah kekurangannya.

“Kepiawaian gerakan serta kekompakan masing-masing anak di ikuti gerakan bertenaga dan mantap dari Pocil Polres Lumajang membuat decak kagum dari para juri dan ribuan pasang mata yang menyaksikan perlombaan itu,” terangnya.

 

“Terima kasih kepada anak-anak Pocil Polres Lumajang ini karena tidak bosan membuat saya bangga dan terus mengukir prestasi. Setelah menjuarai tingkat Jatim, Pocil Polres Lumajang juarai ajang perlombaan tingkat Nasional,” imbuhnya.

Arsal menambahkan bahwa prestasi ini tentu tidak lepas dari latihan keras anak-anak pocil Polres Lumajang.

“Sebelum tampil, tentulah mereka menjalani disiplin latihan. semua jerih payah yang mereka lakukan selama ini berbuah manis dan mengharumkan nama Kabupaten Lumajang. Saya bangga anak-anak lumajang terus mengukir prestasi di kancah nasional dan internasional,” jelas alumnus S3 Unpad Padjajaran Bandung itu.

Senada dengan itu Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri SH bersyukur dengan prestasi tersebut.

“Tak salah perekrutan Pocil yang sangat ketat berhasil lahirkan anak-anak berbakat yang menjadi wakil Lumajang dan terus rebut kemenangan di setiap ajang perlombaan Pocil yang mereka ikuti. jerih payah kami selama berbulan bulan membentuk karakter para pocil ini tak sia-sia,” ujar Giri.

Perlu diketahui, selain merebut juara umum, Pocil Polres Lumajang juga mendapatkan predikat pasukan terbaik dan Kostum terbaik.

 

(Redaksi)

loading...