PB, Merauke — Dalam rangka mengajarkan langkah kecil hidup sehat sejak dini kepada anak-anak sekolah di perbatasan RI-PNG, Pos Kuler Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad menggelar kegiatan cara cuci tangan dengan memakai sabun bertempat di SD YPK Kuler, Distrik Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (15/10).

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) sedunia, diawali dengan penjelasan dari Dantonkes Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad Letda Ckm Iwan Debri di hadapan siswa-siswi SD YPK Kuler tentang HCTPS dan tata cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Sebelum anak-anak mempraktekkannya, lima anggota Pos Kuler terlebih dahulu memberikan contoh melalui senam CTPS.

Ditambahkan oleh Bakes Pos Kuler Serka Shalihul A. Siregar, bahwa kegiatan ini dalam rangka peringatan HCTPS sedunia tahun 2019, yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

“Bapak-bapak TNI disini akan mengajarkan adik-adik sekalian cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han. mengatakan, kegiatan mengajarkan cara cuci tangan pakai sabun sudah sering kita (satgas) kampanyekan dan laksanakan di sekolah-sekolah yang berada didekat Pos Satgas.

“Langkah kecil ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi anak-anak sekolah,” ucapnya.

Menurutnya, tangan merupakan sumber segala bakteri tumbuh apabila anak-anak tidak membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah melakukan kegiatan.

“Dengan membiasakan mencuci tangan sejak dini, maka kita membantu mereka tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan tentunya sebagai faktor pendukung dalam meraih prestasi,” pungkas Alumni Akmil tahun 2003.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPK Kuler, Deniana Makailipessi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang telah mengajarkan siswa-siswinya pola hidup sehat melalui cara cuci tangan pakai sabun yang benar.

“Kami sangat senang Bapak-bapak TNI datang ke sekolah dan mengajarkan hal yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi kami di sekolah yang berada di perbatasan ini,” katanya.

 

 

(Redaksi)

loading...