PB, Oksibil — Satuan Tugas (Satgas) Yonif Raider 509 Kostrad yang berada di Pos Oksibil pimpinan Lettu Inf  Rahmat Hidayat memberikan latihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) kepada murid-murid SD Inpres Argapilong, Kampung Okatem Distrik Okatem, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (22/10).

Pelatihan itu dimaksudkan untuk membentuk murid-murid SD tersebut sebagai pribadi yang disiplin baik secara perorangan maupun dalam bentuk kelompok.

Kata Danpos Oksibil, pelatihan itu merupakan salah satu sasaran tugas Satgas Pamtas di samping menjalankan tugas pokoknya sebagai pengamanan perbatasan.

“Satgas Yonif Raider 509 Kostrad juga ingin ikut terlibat dalam mencerdaskan anak-anak bangsa yang berada di pelosok negeri salah satunya memberikan pelatihan PBB sehingga menjadikan anak-anak yang disiplin dan bertanggung jawab,” ujar Danpos.

Lanjutnya, materi PBB yang dilatihkan kepada murid-murid SD Inpres Argapilong Kampung Okatem dipimpin langsung oleh Bintara Pelatih Sersan Satu Anaro Laoli.

“Mereka memberikan pelatihan dengan materi gerakan di tempat, gerakan berjalan hingga latihan penghormatan yang baik dan benar,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala sekolah SD Inpres Argapilong Kampung Okatem Leo Kakyarmabin, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada anggota TNI khususnya dari Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang selalu siap dan tulus memberikan ilmunya kepada muridnya.

Bahkan Leo Kakyarmabin juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut menjadikan murid-murid yang disiplin dan bertanggungjawab.

Sedangkan Dansatgas Pamtas RI-PNG  Yonif Raider 509/BY Kostrad Letkol  Wira Muharromah menambahkan, bahwa melalui kegiatan tersebut dapat menjadikan murid-murid yang cinta tanah air dan mempunyai rasa sepenanggungan antara yang satu dengan yang lainnya.

“Kegiatan latihan PBB ini secara tidak langsung mengajarkan para siswa untuk bersikap disiplin dan loyal terhadap pemimpinnya dengan satu suara, satu perintah”.

Disamping itu jelas dia dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan saling peduli antara satu dengan yang lainnya.

“Kami juga berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pembekalan mental sejak dini terhadap para siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan hidup di masa yang akan datang,” jelasnya.

 

(Redaksi)

loading...