PB, Keerom — Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad, menyiapkan lahan dan bibit sayuran di Kampung Senggi, Distrik Senggi, Keerom, Selasa (22/10).

Komandan Kompi (Danki) Pos Kotis Senggi Kapten Inf. Sujito menuturkan, kegiatan itu merupakan bagian dari bakti TNI di perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) sebagai bentuk kepedulian prajurit dalam membantu masyarakat di perbatasan.

Lanjutnya, Distrik Senggi yang memiliki suhu yang relatif sejuk dan dingin berada  di dataran tinggi, sehingga sangat cocok untuk bercocok tanaman produktif jenis sayuran seperti cabai, terong, ketimun, tomat, kacang panjang, sawi dan bayam.

“Potensi ini kami coba manfaatkan untuk bercocok tanam di lahan kosong milik Dinas Perhubungan Bandara Senggi ini,” ujarnya.

Sebelumnya kata dia, lahan kosong tersebut ditumbuhi semak belukar sehingga menjadi tidak berproduktif.

“Saya harap, dengan pemanfaatan lahan pertanian ini dapat memotivasi masyarakat di sini untuk melakukan hal yang sama,” ujarnya lagi.

Kapten Inf Sujito juga mengaku senantiasa memberikan motivasi cara bercocok tanam kepada warga di sela-sela waktunya bertugas.

“Sebab dengan adanya pemanfaatan lahan kosong tersebut masyarakat memiliki tanaman pangan sendiri akan mengurangi ketergantungan pangan dari luar dan pastinya lebih sehat tanaman sayur-sayuran yang diproduksi oleh diri sendiri,” imbuhnya.

Dia menambahkan dengan pemanfaatan laha kosong menjadi lahan produktif maka akan meningkatkan taraf hidup  masyarakat Distrik Senggi.

(Redaksi)

loading...