PB, Makassar — Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL VI Makassar Kapten Laut (KH) Suparman Sulo mengikuti pelatihan Literasi Media Sosial dan Sosialisasi Tim Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) di Lingkungan Kantor Regional (KANREG) IV BKN di Makassar.

Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Jum’at (1/11).

Pencerahan medsos yang berlangsung selama satu hari tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidan Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI, bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI .

Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam yang juga sebagai Ketua Siman Pusat Marsekal Muda Rus Nurhadi Sutedjo mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI tetang Penanganan Informasii Media Sosial.

Selanjutnya kata dia, pada tanggal 18 Agustust 2017 Kemenko Polhukam sesuai dengan fungsi dan peranannya membentuk Tim SIMAN Pusat.

“Fungsi SIMAN adalah meningkatkan sinergisitas Kementrian Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah terutama aparaturnya dalam memanfaatkan Media Sosial, dan mendiseminasikan kinerja Pemerintah , sekaligus meluruskan berita “negative” (hoax dan ujaran kebencian),” lanjutnya.

Marsekal Muda Rus Nurhadi Sutedjo berharap dengan adanya pelatihan Ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan Aparatur Negara (ASN, TNI dan POLRI) dalam penggunaan media sosial yang mendukung komunikasi kebijakan kinerja pemerintah secara massif dan inovatif.

Turut hadir sebagai narasumber Ketua Tim Pakar SIMAN M. Fariza Irawady , Koordinator Bidang Pengembangan SDM Tim SIMAN Pusat, Muhammad Ridwan, Koordinator Hubungan Kelembagaan Pusat dan Daerah Tim SIMAN Pusat, Selamatta Sembiring dan Wakil Koordinator Bidang Pengembangan Jaringan Tim SIMAN Pusat, Wahyu Permana

Pelatihan tersebut berjalan dengan dinamis yang ditandai dengan interaktivitas dan antusiasme peserta dalam tanya jawab.

Acara tersebut dihadiri perwakilan dari seluruh instansi pemerintah daerah yang ada di Makassar yang aktif bermedia sosial, perwakilan Kodam XIV/Hassanudin, Lantamal VI Makassar dan Polda Sulawesi Selatan.

 

(Redaksi)

loading...