PB, Surabaya — Tim cobra Polres Lumajang dipimpin langsung oleh Katim Cobra AKP Hasran Cobra berhasil meringkus pelaku pencurian Sapi di Halaman Mapolda Jatim, Rabu (6/11).

Penangkapan keenam tersangka pencuri sapi itu berawal saat komplotan tersebut berencana melancarkan aksi pencurian sapi di salah satu kandang milik warga.

Setelah memastikan targetnya, tanpa butuh waktu lama, keenam tersangka tersebut berhasil mengeluarkan sapi yang mereka cari dari kandang.

Mendengar ada suara rebut-ribut, si pemilik sapi pun keluar untuk melihat kandang sapinya.

Terkejut sejadi-jadinya saat mengetahui ada enam orang yang menuntun keluar sapi miliknya dan sempat mengancam akan membunuh korban dengan menggunakan celurit jika korban berteriak.

Keenam pelaku tersebut berhasil melarikan diri dan sapi yang diamankan berhasil disembunyikan di tengah Kebun Tebu.

Korban yang panik melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Desa setempat untuk dibantu melaporkan kejadian yang dialaminya ke pihak kepolisian.

Kepala Desa pun membantu dengan menghubungi Tim Cobra Polres Lumajang karena sepak terjangnya yang sudah tersohor dalam pengungkapan pencurian sapi.

Tim Cobra Polres Lumajang yang berhasil dihubungi pun tiba di Lokasi membawa peralatan dan fasilitas yang biasa digunakan dalam melacak jejak pencurian sapi.

Fasilitas yang tidak luput dan selalu dibawa yakni drone dan anjing pelacak untuk memudahkan dalam menemukan pelaku dan sapi curian tersebut.

Tidak ketinggalan juga Tim Inafis Polres Lumajang yang turun untuk olah TKP berhasil menemukan data tersangka melalui sidik jari yang terdapat di celurit.

Diduga celurit tersebut milik salah satu pelaku yang terjatuh di Kandang sapi korban.

Setelah data berhasil didapatkan menggunakan alat khusus Tim Inafis, anjing pelacak berhasil menemukan jejak sapi melalui kotoran yang ditinggalkan dibantu dengan drone yang mengudara untuk memaksimalkan pencarian.

Sapi pun berhasil ditemukan di tengah kebun tebu, namun ditengah pencarian tersebut terdengar suara keributan dari warga karena ada sebuah mobil tak dikenal melaju dengan kecepatan tinggi di jalanan Desa.

Warga pun melaporkan kepada Tim Cobra dan Tim Cobra melakukan pengejaran untuk memastikan siapa gerangan pengemudi mobil ugal-ugalan tersebut.

Pengejaran pun terjadi, hingga mobil tersebut dapat diberhentikan di tengah lapangan Mapolda Jatim.

Setelah Tim Cobra berhasil menghentikan mobil tersebut dan selanjutnya 6 orang tersangka berhamburan keluar sambil mengancam Tim Cobra dengan sebilah celurit.

Tentu ini bukan masalah besar bagi Tim Cobra yang sudah tangkas menghadapi para pelaku Kriminalitas.

Perkelahian dengan tangan kosong pun tidak terelakan sehingga keenam pelaku tersebut dapat di lumpuhkan dan berhasil diamankan oleh Tim Cobra Polres Lumajang.

Ternyata… penangkapan pencuri sapi diatas adalah sebuah simulasi yang dilakukan dalam rangka lomba demo standar kemampuan fungsi reskrim yang diselenggarakan oleh Ditreskrimum Polda Jatim dan diikuti semua jajaran Reskrim di tiap Polres se Polda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat membuka lomba mengatakan, beberapa hal yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah olah TKP dan Upaya Paksa dengan peserta dari Direktorat Reskrim dan Sat Reskrim Jajaran.

“Presiden Jokowi ingin Indonesia mempunyai SDM unggul demi Indonesia yang maju. Dari sini kami mengambil pelatihan terutama masalah olah TKP,” kata Luki.

Polres Lumajang menampilkan Tim Cobra yang sudah terlatih dan teruji kemampuannya, tampil didepan juri dengan persiapan yang matang.

Tim Cobra menampilkan upaya dalam mengungkap pencurian sapi dengan metode yang tidak biasa digunakan oleh Polres-Polres Lainnya yakni, penggunaan Drone, pemanfaatan unit K9 serta pemberdayaan sistem keamanan yang telah dibentuk Kapolres Lumajang yang disebut SKD (Satgas Keamanan Desa).

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan kemampuan Tim Cobra dalam melumpuhkan pelaku kriminal sudah teruji.

“Kalau soal keterampilan dan kemampuan, Tim Cobra sudah teruji dalam pengungkapan berbagai kasus Kriminalitas di Lumajang. dan pada hari ini Tim Cobra unjuk kebolehan dalam ajan perlombaan antar Polres se Polda Jawa Timur untuk menunjukan siapa yang terbaik dalam demo standar kemampuan fungsi reskrim,” ujarnya.

Dia pun meyakini jika Tim yang dibidaninya itu mampu menjuarai lomba yang digelar Ditreskrimum Polda Jatim tersebut.

“Saya yakin Tim Cobra mampu menjuarai perlombaan ini, karena Tim Cobra sudah saya bekali dan sering saya latih agar dapat mengungkap berbagai bentuk tindak kriminalitas,” pungkas Arsal.

Sementara itu Katim Cobra AKP Hasran Cobra mengapresiasi performance Tim yang dipimpinnya itu.

“Rekan-rekan sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memukau para Juri. Penampilan yang dilakukan juga sudah totalitas dimana kami menunjukan pemanfaatan cara yang unik dalam mengungkap kasus pencurian sapi di Lumajang. Sekarang penilaian tinggal dari para juri, dan saya optimis bahwa Polres Lumajang akan menjuarai ajang perlombaan ini,” ujar Hasran.

(Red)

loading...