PB, Keerom — Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Kotis, memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara (Belneg) serta memberikan buku dan bendera merah putih kepada siswa-siswi SDN 1 Nambla, di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Jumat (8/11).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Letda Inf Indra Dasilva Pasiter Satgas Yonif Raider 509 Kostrad beserta empat orang anggota.

Indra mengatakan bahwa materi wawasan kebangsaan dan Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui Dasar Negara Indonesia.

“Siswa-Siswi SDN 1 Nambla merupakan pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Pada usia muda seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan agar dalam perjalanan ilmu pendidikan dapat meraih cita-cita menuju Indonesia maju yang berintegritas,” ujar Letda Indra yang juga merupakan Pasiter Yonif Raider 509 Kostrad, Ahad (10/11).

Lebih lanjut, Indra menambahkan bahwa dalam pemberian materi Wasbang disesuaikan dengan kemampuan daya pikir siswa-siswi setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya.

” Juga menanamkan sikap saling hormat menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 1 Nambla, Demikianus Waimbo menyampaikan terima kasih kepada Satgas telah memberikan buku, bendera merah putih dan atas partisipasinya dalam memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi anak didiknya.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat dalam menumbuh kembangkan semangat generasi muda para siswa-siswi SDN 1 Nambla dalam mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki wawasan yang lebih luas lagi dalam menyongsong masa depan yang lebih baik,” tandas Kepsek.

 

(Redaksi)

loading...