PB, Lampung — Kedubes Cina di Indonesia meminta pencarian korban 3 orang warganya yang hilang di perairan Pulau Sangiang diperpanjang selama 3 hari.

Untuk itu pimpinan Basarnas menginstruksikan agar area pencarian korban tersebut diperluas hingga Krui Pesisir Barat Lampung.

“Ini juga berdasarkan SAR Map Prediction pasca ditemukannya jenazah yang diduga salah satu dari 3 orang WNA tersebut pada Senin lalu,” ujar Kepala Kantor Basarnas Lampung Jumaril dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/11).

Jumaril juga mengatakan bahwa untuk mendukung upaya ini pihaknya menambah 1 tim rescuer berjumlah 9 orang untuk bergabung dengan personil Pos SAR Tanggamus yang sudah berada di Bengkunat untuk melakukan pemantauan terhadap perairan di sekitar Pesisir Barat yang diduga korban lainnya akan ditemukan.

“Selain Basarnas Lampung, turut bergabung juga dalam tim SAR gabungan yg akan ikut serta dalam operasi pencarian dan pertolongan tersebut yaitu Polairud Polres Lampung Barat, Polsek Bengkunat, Polsek Pesisir Tengah, Koramil Pesisir Tengah, Koramil Pesisir Selatan, Dishub Pesisir Barat, Syahbandar Krui, BPBD Pesisir Barat dan nelayan sekitar perairan di Kabupaten Pesisir Barat Lampung,” sebutnya.

Kepada tim yag akan berangkat tersebut, Jumaril mengingatkan untuk tetap menjaga safety dalam bertugas dan mengutamakan kekompakan.

“Selain untuk tugas kemanusiaan, keberhasilan operasi ini juga bisa mengharumkan nama baik negara Indonesia karena korban yang kita cari ini merupakan warga negara asing dari negara tetangga kita, jadi kalian harus semangat dan terus berjuang,” ujarnya lagi.

Dia menuturkan bahwa pada pencarian hari Rabu (13/11) di perairan Pesisir Barat dibagi menjadi 4 sektor yaitu ;

1. Sektor I : Krui-Pugung dengan menggunakan Kapal C3 Polair dan Kapal Nelayan, tim gab terdiri dari Basarnas, Nelayan, Polair, BPBD Pesibar, Koramil Pesisir Tengah.

2. Sektor II : Krui-Biha dengan menggunakan Kapal Dishub Pesibar, tim gab terdiri dari basarnas, Koramil Pesisir Tengah, Polair, Syahbandar dan Dishub Pesibar.

3. Sektor III : Bengkunat-Biha dengan menggunakan Kapal Polsek Bengkunat dan Kapal Nelayan, Tim gabungan terdiri dari Basarnas, Polsek Bengkunat, BPBD Pesibar dan Nelayan.

4. Sektor IV : Bengkunat-Belimbing dengan menggunakan Kapal Nelayan, tim gab terdiri dari basarnas, Polsek Bengkunat, BPBD Pesibar, Koramil, dan nelayan.

“Selain itu di wilayah selatan Lampung RIB 02 Basarnas Lampung juga melakukan pencarian dengan penyisiran di perairan Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku. Sampai berita ini diturunkan pencarian pada hari ini masih nihil dan akan dilanjutkan hari Kamis 12 November 2019,” pungkasnya.

(Redaksi)

loading...