PB, Merauke — Dalam rangka memperingati Internasional Children Day atau Hari Anak Sedunia yang jatuh setiap tanggal 20 November, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad menggelar serangkaian kegiatan di tiga Sekolah Dasar (SD) perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya mengungkapkan bahwa  pada tahun 1959, Perserikatan Bangsa Bangsa mengadopsi deklarasi hak-hak anak dan menetapkan tanggal 20 November sebagai Hari Anak Sedunia.

“Berdasarkan hal tersebut, sebagai wujud kasih sayang terhadap anak-anak di perbatasan RI-PNG, pada hari Selasa 19 November 2019 personel Satgas menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak di perbatasan,” ujarnya, Rabu (20/11).

Dansatgas menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan yaitu di Pos Tomeraw dipimpin oleh Danpos Serka Robin Pratama beserta 6 anggotanya di SD YPK Tomeraw, Distrik Naukenjerai, mengajarkan murid-murid tentang hidup bersih melalui cara mencuci tangan menggunakan sabun secara benar.

Kegiatan ini kata dia dihadiri pula oleh Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri dari Pos Kout.

Di SD Inpres Kondo, 7 personel Pos Kondo yang dipimpin Danpos Letda Inf Ulivo Dicky Pambudi, membagikan bubur kacang hijau kepada siswa-siswi sebagai asupan gizi tambahan.

Sedangkan di SD Inpres Rawa Biru, Distrik Sota, 4 personel Pos Rawa Biru dipimpin oleh Danpos Letda Inf Raden Adityas mengajak murid-murid untuk minum susu ketika jam istirahat.

“Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas, dikonsentrasikan kepada murid-murid Sekolah Dasar (SD) yang menjadi binaan pos, dengan hal-hal positif dan bermanfaat sebagai perayaan Hari Anak Sedunia melalui tindakan nyata wujud dari kasih sayang prajurit TNI terhadap anak-anak Indonesia,” kata Dansatgas.

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SD Inpres Kondo, Yeni Pay, S.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang telah menggelar kegiatan dalam rangka peringatan Hari Anak Sedunia melalui hal yang bermanfaat dengan membagikan bubur kacang hijau kepada anak didik di sekolahnya.

“Sangat bermanfaat sebagai tambahan asupan gizi siswa-siswi untuk memacu semangat dalam belajarnya,” ujarnya.

 

 

(Redaksi)

loading...