PB Jakarta – Kesadaran pengendara untuk mengedepankan keselamatan di jalan (road safety) selama mengendarai kendaraan terlihat masih harus terus ditingkatkan.

Hal ini terlihat dan masih tingginya jumlah kecelakaan setiap tahunnya. Melihat fenomena tersebut, sejak tahun 2010 Adira Insurance melalui produk asuransi mobll Autocillin yang dimilikinya menggagas sebuah kegiatan corporate social responsibilities berupa kampanye menjaga keselamatan saat berada di jalan yang bernama ‘I Wanna Get Home Safely!’ (IWGHS). Gerakan ini didasari oleh tingginya tingkat kecelakaan Ialulintas di Indonesia,  dimana 90% dari kecelakaan yang terjadi disebabkan karena kelalaian manusia.

“Kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga keselamatannya saat berada di jalan ditengarai masih rendah, sehingga hal Ini memperkuat keseriusan Adira Insurance untuk mencurahkan perhatian dalam menyebarkan gerakan kesadaran keselamatan di jalan raya dengan menggagas kampanye IWGHS ke berbagai segmen masyarakat dari komunitas sampai dengan pemerintah,” ungkap Chief Officer  Adira Insurance, Julian Noor di Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019). Selain berkampanye, kata Julian Noor,  sejak tahun 2010. IWGHS juga Ikut berkontribusi nyata membantu korban kecelakaan di jalan dengan memberikan donasi berupa alat bantu untuk para korban kecelakaan untuk dapat produktif kembali.

Untuk menggaungkan gerakan keselamatan di jalan raya ini, kampanye IWGHS berusaha untuk merangkul seluruh pIhak terkait yang terdiri dari pemerintah, media, pengambil keputusan, praktisi, dan pakar road safety management agar apa yang telah dimulai dapat terus berjalan mulus dan melangkah maju berkat dukungan seluruh plhak. Untuk mencapai tujuan terbentuknya masyarakat yang sadar akan keselamatan di jalan tentunya membutuhkan kerja keras. keseriusan, dan kerjasama antar pihak terkait.

Untuk menekan tingkat kecelakaan pengendara sepeda motor dan mobil, IWGHS terus menggalakkan kampanye keselamatannya bersama-sama dengan berbagai komunitas motor dan mobil. Selain Itu, IWGHS juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung kampanye keselamatan di jalan. Kampanye ini akan terus dilaksanakan agar dapat menekan tingkat kecelakaan di jalan.

IWGHS Juga memperoleh rekor MURI pada tahun 2010 sebagai peraih supporter terbanyak dalam Road Safety Campaign. Selain Itu, IWGHS juga mendapatkan penghargaan dari Dompet Dhuafa selama dua tahun berturut-turut dalam kategori Top CSR in Safety Riding Campaign pada Penghargaan Charta Peduli Indonesia tahun 2011 dan 2012. Pada tahun 2013, IWGHS juga mendapatkan penghargaan dan Korlantas Polri sebagal Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Sejak tahun 2013, IWGHS menyelenggarakan ‘Indonesia Road Safety Award (IRSA)’ sebagaI salah satu upaya untuk mendorong pemerintah daerah dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan yang baik di wilayahnya sehingga mempercepat penurunan tingkat kecelakaan Ialu lintas di Indonesia. Dan di tahun 2019 ini, IRSA kemball diselenggarakan agar terus tercipta kesinambungan dalam penyebaran kesadaran keselamatan di jalan. (Beby)

loading...