PB, JAKARTA –  Pelamar melalui jalur online dibanjiri warga Jakarta, ini terbukti warga masyarakat yang minat menjadi Petugas Keamanan Hutan Kota pun siap bersaing dalam kompetisi.

Pada Kamis, (26/12/2019) sekira pukul 09:00 hingga 17:00 wib, digelar seleksi Petugas Keamanan Bidang Kehutanan, melalui tahun anggaran 2020 bertempat di Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut pelaksanaan test langsung dari anggota Polisi Kehutanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

Dalam tahap seleksi ini  hanya diikuti 28 orang calon dari 38 orang calon yang telah mendaftar secara online, terdiri dari 27 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang berasal dari seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Sebelum semua tahap kegiatan dilaksanakan, Dwi Kaisar S,Hut, MSi. selaku Kepala Seksi PPHH (Pengawasan Peredaran Hasil Hutan) mewakili Kepala Bidang Kehutanan, memberikan arahan kepada panitia tim seleksi dan para peserta test. Pesan Dwi Kaisar bahwa kegiatan seleksi harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan transparan.

“Setelah para peserta mengikuti ketiga tahap seleksi tersebut maka peserta dinyatakan selesai dan tinggal menunggu hasil rekapitulasi nilai.” Ujarnya.

Sementara itu Jalu Wijayanto, Anggota Polisi Kehutanan pada Jumat (27/12/2019) kepada media ini, menjelaskan, jika untuk mencari calon petugas keamanan yang handal, berwawasan luas dan mempunyai performance dan attitude yang bagus, penyeleksian harus dilakukan dengan cara tiga tahap.

“Tahap pertama ujian tertulis untuk mengetahui wawasan calon petugas keamanan baik secara umum maupun wawasan yang berkaitan dengan tugas-tugas petugas keamanan. Lalu tahap kedua, kita laksanakan test fisik berupa kesamaptaan A dan B untuk mengetahui kompetensi fisik seorang calon petugas keamanan. Dalam test kesamaptaan A, peserta mengikuti test lari 12 menit, keliling Danau Hutan Kota Munjul yang jaraknya 400 meter,” ujar Jalu melalui pesan tertulisnya.

Jalu menambahkan, masih ada lagi tes berupa kesamaptaan B, “Peserta diminta untuk melakukan test Push Up 1 menit, Sit Up 1 menit, Shuttle Run 3 kali. Setelah kedua tahap tersebut dilalui, selanjutnya para peserta diharuskan mengikuti test wawancara dengan Polisi Kehutanan. Dalam tahap ini, peserta akan dinilai terkait motivasi, wawasan, sikap & perilaku (attitude), kemampuan beladiri, kecakapan dalam Peraturan Baris Berbaris (PBB) dll,” lanjutnya.

Selanjutnya dari hasil tes, rekapitulasi nilai akan diserahkan oleh tim pelaksana kepada Panitia Seleksi Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, untuk diputuskan siapa yang berhak lolos seleksi.

“Nantinya peserta seleksi yang dinyatakan lolos seleksi akan ditempatkan menjadi Petugas Keamanan Hutan Kota untuk menambah petugas keamanan yang telah ada selama ini,” pungkas Jalu mengakhiri penjelasannya.

(Haris/L6O)

loading...