PB, JAWA BARAT – Serangan netizen kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, karena banjir yang melanda wilayah Jawa Barat, bahkan dari laporan resmi milik BKMG, mencatat jika Provinsi Jawa Barat, memiliki titik banjir terbanyak dibandingkan wilayah yang terkena banjir di Jakarta.

Ridwan Kamil melalui postingan akun sosial media twitter miliknya, @ridwankamil, meminta kepada warga di sekitar Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek), agar bersabar, karena 2 bendungan yang sedang dibangun, oleh PUPR dan Pemprov Jawa Barat, sedang dalam pengerjaan dan sudah mencapai progres hingga 45 persen.

PROGRES BENDUNGAN CIAWI DAN SUKAMAHI sudah 45%. Salah satu solusi engineering penanganan banjir Jabodebek yaitu dg membangun 2 Bendungan kerjasama Kementrian PUPR & Pemprov Jabar. Jika selesai Insya Allah akan mengurangi potensi banjir di Jabodebek. Doakan selesai secepatnya.” tulis @ridwankamil.

Namun sayangnya, foto yang dipakai untuk menyertai postingan Ridwan Kamil, ternyata bukan bendungan Ciawi, namun foto bendungan Karian di Banten. Hal ini diungkapkan oleh netizen bernama @DonAdam

Foto di bawah bukan Bendungan Ciawi tapi Bendungan Karian di Banten. Hapus tuh bro…” tulis @DonAdam68 menyanggah foto yang diunggah oleh @ridwankamil.

Bahkan bukan hanya Don Adam saja, juga salah satu akun memberikan foto asli bendungan Ciawi, “BERLAKU JUJUR Lah @ridwankamil Jangan Ajarkan Rakyat Untuk Nge-HOAX, BERDUSTA, Menyebarkan BERITA PALSU.. (BOHONG Itu DOSA Tauk)..  Foto dibawah ini lah bendungan Ciawi.” tulis akun @zulhendribasri2 sambil menyertakan foto bendungan Ciawi.

Bahkan salah satu akun lainnya yang ikut membalas postingan Ridwan Kamil mempertanyakan janji dari PUPR soal target bendungan Ciawi yang akan selesai tahun 2019, namun sampai dengan memasuki tahun 2020 pembangunan masih berjalan, dan diprkirakan masih 50 persen.

Dulu kata @KemenPU Target nya Selesai 2019. Realisasi nya baru 45% Sementara 2019 nya sudah Lewat.” @EndjahH

Rupanya kedua foto yang diunggah Ridwan Kamil dianggap netizen salah, setelah salah foto pada bendungan Ciawi, ternyata foto yang diunggah dan ditulisi Bendungan Sukamahi, ternyata juga salah menurut netizen.

Izin koreksi pak, Itu yang bawah adalah bendungan jatigede. Bukan bendungan sukamahi.. silahkan bapak cari sumber sumber bahwa itu bukan gambar bendungan sukamahi.” tulis akun @robmhmd

loading...