PB Banten : Musibah banjir bandang yang meluluhlantakan enam kecamatan di wilayah Lebak, Banten, awal Januari, berdampak pada rusaknya berbagai infrastruktur, seperti sektor kelistrikan. Kondisi ini mengakibatkan terputusnya pasokan listrik ke kawasan tersebut, yaitu Kecamatan Cipanas, Sajira, Lebak Gedong, Curug Bitung, Maja, dan Cimarga.

Tentu saja, akibat masih belum pulihnya pasokan listrik membuat aktivitas warga terdampak banjir bandang tersebut terganggu. Menyadari hal tersebut, Ketua Umum DPP PPLIPI Indah Suryadharma Ali bersama dengan Ketua DPW PPLIPI Banten Neng Siti Julaiha terus menggalang bantuan untuk meringankan korban banjir bandang di Lebak Banten.

Neng Siti Julaiha mengatakan, baksos ini merupakan bagian dari kepedulian seluruh DPP PPLIPI, DPW PPLIPI Banten, dan berbagai pihak yang telah ikut membantu dalam kegiatan ini. “Insya Allah, kami akan terus menggalang bantuan semampu kami melalui baksos hingga kondisi korban banjir bandang di Lebak, Banten kembali normal,” ujar Neng Siti.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPP LIPPI Indah Suryadharma, mengingat pentingnya fungsi penerangan di daerah terdampak banjir, pihaknya berharap agar PLN segera memperbaiki kerusakan yang ada.  “ Warga di daerah bencana banjir sangat membutuhkan listrik normal kembali. Kami sangat berterima kasih kepada jajaran PLN yang secara cepat memeperbaiki putusnya liran listrik,”ujar Indah Suryadharma Ali.

Terkait dengan terganggunya aliran listrik, GM PLN Banten Doddy B. Pangaribuan menyatakan, PLN terus berusaha memulihkan kelistrikan di wilayah terdampak banjir bandang tersebut. Hingga saat ini , dari total 172 gardu terdampak banjir bandang, PLN telah berhasil memulihkan 149 gardu.

“Lebak ini berbeda dengan Jakarta, di sini banjir bandang, beberapa infrastruktur kami, seperti jaringan dan gardu ada yang hanyut. Jadi di sini perlu waktu untuk perbaikan,” kata Doddy dalam keterangnnya melaui sambungan telepon (10/1).

Selain merusak infrastruktur kelistrikan, banjir bandang ini juga merusak jembatan sehingga memutus akses jalan. Salah satunya jembatan yang menghubungkan kecamatan Sajira dengan kecamatan Cimarga. Hal ini membuat PLN kesulitan untuk memperbaiki jaringan listrik. (TS)

loading...