PB, Lebak – Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung langsung membuktikan salah satu kinerjanya sebagai Lapas Produktif dibidang Agrobisnis, langkah tersebut nyata terlihat usai Pelaksanaan Panen Perdana Komoditas Unggulan pertanian di Pondok Asimilasi Lapas Kelas III Rangkasbitung Banten, Jum’at (24/01/2020).

Dalam laporanya, Kepala Lapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto mengaku keberhasilan jajaranya melaksanakan Panen perdana di Tahun 2020 ini adalah buah kerjasama seluruh jajaran dan dukungan stakeholder terkait.

“Alhamdulillah, kami bisa melaksanakan panen hasil budidaya seperti cabai keriting, jagung, dan sayuran, kami mengapresiasi Kepala Rutan sebelum kami, tugas kami selanjutnya mempertahankan dan meningkatkan, kami sudah buat masterplan pengembangan dan hari ini adalah wujud komitmen kami untuk mewujudkan salah satu point dari 15 point yang di deklarasikan dalam resolusi Pemasyarakatan tahun 2020,”ujar Budi.

Kalapas menambahkan kedepan Lapas Rangkasbitung berupaya untuk turut berkontribusi terhadap penerimaan Negara.

“Kami laksanakan arahan dan instruksi pimpinan, kedepan Pemasyarakatan tidak lagi hanya menghabiskan uang Negara, tetapi kemudian kami berupaya berkontribusi positif terhadap target Rp. 7 Milyar yang telah direncakanakan, Insya Allah dengan dukungan banyak pihak kami akan mewujudkannya dan sekaligus Pondok Asimilasi ini menjadi Pusat Pemberdayaan Keterampilan Narapidana,”tutur Budi.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan, Slamet Prihantara berpesan pada Kalapas Rangkasbitung, bahwa Lapas Rangkasbitung yang dipercaya dan menjadi pertaruhan pimpinan untuk menunjukan kinerja dan keberhasilannya.

“Pimpinan tidak salah menempatkan Kalapas, yang ke Rangkasbitung adalah orang-orang terbaik, hasilnya lapas yang ditetapkan menjadi lapas agrobisnis ini hari ini membuktikan diri, ada hasil konkrit dan ini saya kita bisa berkelanjutan, kami yakin pondok asimilasi ini nantinya menjadi kebanggaan Pemasyarakatan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama narapidana yang mengikuti Pembinaan,”pesan Toro sapaan akrab Kadivpas Banten.

Menanggapi apa yang menjadi harapan Kadivpas Banten, utusan perwakilan BI Banten, Sugeng menyampaikan bahwa BI Banten akan terus bersinergi dengan Pemasyarakatan.

“Lapas Rangkasbitung ini merupakan mitra kerja yang mampu menunjukan kinerjanya, bertahan dan bisa meningkatkan performa hasil pertanian, langkah ini selaras dengan BI Banten yang memiliki program ketahanan pangan nasional, dan Insya Allah akan kami support terus Lapas Rangkasbitung,”ujar Sugeng selaku Kepala Tim ekonomi pengembangan BI Banten.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten, Pimpinan Forkopinda Kab. Lebak, Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Provinsi Banten, Mitra Kerja dan Tamu Undangan lapas Rangkasbitung.(Harun/Mal)

loading...