PB Pangkalpinang – Ditengah wabahnya penyebaran virus Corona covid-19, dan mengikuti anjuran Pemerintah pusat maupun daerah, tak halnya dengan ASN di Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan Olahraga Pagi untuk menjaga Kebugaran dan kesehatan serta mencegah penyebaran Virus Corona Covid-19. Jumat (03/04/2020).

Para ASN Dinas PUPR Provinsi Kepulauan Babel berolahraga Gateball dan rutin dilaksanakan setiap hari dibawah terik mentari pagi yang sangat menyengat tidak surut untuk menjaga kebugaran dan kesehatan sekaligus memperkenalkan olahraga Gateball.

Sejak Agustus 2019, cabang olahraga (cabor) Gateball bergerak cepat mengorganisasikan diri di Bangka Belitung. Dalam hitungan bulan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kepulauan Babel sudah terbentuk dan diketuai oleh Noviar Ishak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kepulauan Babel.

Olahraga outdoor diyakini sebagai salah satu cara memperkuat imunitas tubuh. Oleh karena itu, harus selalu dilakukan meskipun dengan segala keterbatasan.

Dalam kesempatan yang sama, kepala Bidang Bina Marga seizin kepala dinas PUPR Babel, Yopi Wijaya menyampaikan bahwa olahraga di luar rumah tetap bisa dilakukan dengan upaya perlindungan diri, salah satunya menggunakan masker.

“Sepintas permainan ini seperti golf. Bedanya, bukan lubang yang jadi target, melainkan gawang. Gateball adalah olahraga yang menggunakan pemukul (stick) dan dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 5 pemain, dengan 5 bola,” jelas Yopi.

Team pertama dengan bola berwarna merah, masing-masing bola bernomor ganjil 1, 3, 5, 7, dan 9; sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih bernomor genap 2, 4, 6, 8, dan 10. Setiap pemain masing-masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan.

Gateball dimainkan di lapangan terbuka berumput atau lapangan tertutup dengan rumput sintetis, tidak ada rintangan (sampah, batu, dll), datar persegi panjang dengan ukuran 15 x 20 m atau 20 x 25 m (umum digunakan 15 x 20 m).

Team merah memukul bola terlebih dahulu lalu diikuti team putih sesuai urutan nomor bola. Bola dipukul melewati 3 gawang (gawang 1 sampai 3) dan menyelesaikan permainan bila telah menyentuh goal-pole.

Pemenang ditentukan oleh jumlah total nilai yang diperoleh selama 30 menit waktu permainan.

Yopi menuturkan, tak sulit mengenal Gateball. Permainannya dinilai mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

“Sekarang sudah dikembangkan, ada beregu putra, beregu putri, campuran, kemudian triple, ganda putra hingga nomor single. Ada 11 kategori. Ini sebenarnya olahraga murah. Sticknya ada yang harga Rp 600-an ribu, dan tahannya lama. Tidak ada stick model-model modifikasi,” ungkap Yopi. (Red)

loading...