PB Jakarta : Pandemi covid-19 menjadi permasalahan serius ditingkat global, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia, pemerintah merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19 di Indonesia. Jumlahnya hingga saat ini masih bertambah.

Hingga Jumat (3/4/2020), total ada 1.986 kasus Covid-19 di Indonesia. Dengan demikian, ada penambahan 196 pasien yang dinyatakan positif virus corona dalam 24 jam terakhir. Hal ini diungkapkan juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Jumat sore.

Berdasarkan data pemerintah antara Kamis (2/4/2020) pukul 12.00 WIB hingga Jumat ini pukul 12.00 WIB, diketahui ada penambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 11 orang. Dengan demikian, total ada 181 pasien Covid-19 meninggal dunia hingga Jumat sore. Selain itu, terdapat penambahan 22 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Jumlah total pasien Covid-19 yang sembuh diketahui ada 134 orang.

Para tenaga kesehatan di Indonesia tengah berjibaku untuk meredam keganasan serangan yang ditimbulkan covid-19. Meskipun, para tenaga medis yang tengah berjuang mempertaruhkan jiwa raganya menjadi garda terdepan memerangi pandemi covid-19.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali mengumumkan dua anggotanya terkonfirmasi positif terkena virus corona dan meninggal dunia. Kedua dokter tersebut merupakan direktur rumah sakit di wilayah Sumatera Selatan dan Jakarta Utara. “Dari data terakhir yang dihimpun ada 11 dokter yang meninggal dunia karena COVID-19.

Kemudian satu dokter berikutnya meninggal karena kelelahan. Terakhir totalnya sudah 12 dokter yang meninggal, 11 diantaranya terpapar COVID-19, satu dokter meninggal karena kelelahan dalam tugas terkait wabah Corona,” kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng M Faqih, Selasa (31/3/2020).

Untuk memberikan dukungan dan kepedulian bagi perjuangan tenaga kesehatan di Indonesia di sejumlah Rumah Sakit Rujukan covid-19 di wilayah Jabodetabek, PT Murtila Promosindo (MP Gorup), yang membawahi majalah cetak dan media online Transportasi Indonesia  dan Listrik Indonesia bekerjasama dengan Rahayu Nusantara Community menggelar “Donasi Kebahagian Untuk Para Pejuang Garda Depan Covid-19”.

Managing Director PT Murtila Promosindo, Irwadhi Marzuki mengatakan, pendistribusian donasi kebahagian berupa pemberian makanan kecil, seperti roti, kurma, madu dan minuman dingin jus buah/kopi. “Langkah kecil ini semoga menjadi amunisi dan penyemangat mereka (tenaga kesehatan) yang bekerjasebagai garda terdepan dalam menangani covid-19 dirumah sakit selama berjam-jam,” kata Irwadhi, melalui sambungan telepon, Jumat (3/4/2020).

Lanjut dia, pendistribusian donasi kebahagian dilakukan secara langsung ke sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan pandemi covid-19 di kawasan Jabodetabek, seperti RSUD Tarakan, Wisma Atlit Kemayoran, RSUD Pasar Rebo, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, RSUD Pasar Minggu, dan lain-lainnya.

Dr Muhammad Eko Julianto, salah satu dokter jaga IGD RSUD Tarakan, Jakarta, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat dalam mendukung tenaga kesehatan memerangi covid-19. “Terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan. Semoga perhatian yang diberikan menjadi penyemangat kami dalam menanggulangi covid-19 di garda terdepan saat ini. Selain itu, masyarakat dapat membantu kami dengan tetap di rumah,menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutus penyebaran pandemi covid-19,” pungkas Muhammad, saat menerima Donasi Kebahagian, di RSUD Tarakan, Jakarta,  Jumat (3/4/2020). (TS)

loading...