PB JAKARTA – Upaya penekanan terhadap mewabahnya virus corona (covid-19) di berbagai wilayah di tanah air terus dilakukan oleh berbagai pihak.

Jakarta yang menjadi salah satu episentrum mewabahnya virus asal Wuhan China ini membuat warganya di berbagai lingkungan secara mandiri bersiaga menjaga wilayahnya dengan mengantisipasi serta pendeteksian awal menggunakan pengukur suhu badan dan penyemprotan cairan diinfokan.

“Kami melakukan pengukuran suhu tubuh dan penyemprotan cairan disinfektan ke setiap warga yang akan masuk wilayah RW 10 Kelurahan Kebon Sirih, Menteng Jakarta Pusat,” kata Ketua RW 10, Edo,

Edo mengatakan Posko Pencegahan covid-19 di wilayahnya yang berlokasi tak jauh dari Taman Ismail Marzuki ini berdiri sejak merebaknya wabah covid-19 di Ibukota atas inisiatif seluruh warga kelurahan Kebon Sirih. Edo menjelaskan, setiap warga yang berdomisili disini setiap kali masuk wilayah RW 10 usai bepergian atau bekerja maka akan dilakukan pemeriksaan. ”Ojek online, pengantar paket, dll semua wajib diperiksa, ungkapnya.

Ketua DPP Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (ARUN),  Bob Hasan mengapresiasi upaya swadaya warga di daerahnya dalam mencegah perluasan wabah virus covid-19.

Dia mengatakan kegiatan ini harus ditiru oleh wilayah lainnya. “Jadi tak hanya di Menteng saja, aksi begini harus dilakukan oleh wilayah lainnya, termasuk oleh pemprov DKI bahkan pemerintah pusat, ini patut dicontoh, warga swadaya menggunakan uang kas RT, atau pun Karang Taruna,” kata Bob Hasan.

 

Dia juga meminta pemerintah pusat dan daerah saling bersinergi dan jangan saling menjegal. ” pusat harus bersinergi dengan Jakarta jangan menjegal keputusan yang telah diambil untuk memutus mata rantai penyebaran corona,” tegas Bob Hasan sesaat lalu kepada media ini.

“Perlawanan terhadap virus corona harus menjadi perhatian serius pemerintah, perhatikan alat kelengkapan para dokter (APD), masker dan hand sanitizer harus disediakan,” ujarnya.

” Menteri Kesehatan jangan diam saja, dia kan sebagai kepalanya dokter,” tegasnya lagi. Beb

loading...