PB Jakarta,
Menko Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan 
urbanisasi merupakan isu utama pembangunan di seluruh kota-kota dunia yang disertai dengan transformasi ekonomi, sosial, budaya dan sistem politik. 

“Urbanisasi menghasilkan kota dan area perkotaan yang ukurannya beragam,” kata  Menko Menko Kemaritiman Rizal Ramli ketika membuka UN Habitat III Asia Pacific Regional Meeting di Jakarta, Rabu (21/10/ 2015).

Menurut Rizal, kota-kota metropolitan di Indonesia menjadi sumber inovasi, yang kemudian menjadi contoh untuk kota lain.

“Kota besar dan kecil di Indonesia berkembang itu mengakomodasi pertumbuhan yang menghubungkan sumber daya untuk masuk dan keluar dari pinggirannya,” katanya. 

Sekjen Kementerian PUPR, Taufik Widjojono pada konferensi pers setelah pembukaan mengatakan 
urbanisasi juga telah diakui sebagai kendaraan menuju mobilitas sosial dan ekonomi yang lebih baik, melalui peningkatan akses pelayanan publik, bertindak sebagai pusat inovasi, penguatan konektivitas dengan lingkungan pedesaan.

Sekjen UN Habitat III Joan Clos mengatakan masyarakat kota sebagai bagian terkecil dari masyarakat harus tumbuh menjadi masyarakat yang mandiri. 

“Masyarakat kota dapat memberikan kebutuhan  mereka dan membuat seluruh komponen mereka  untuk memiliki kesadaran tentang pembangunan pembangunan berkelanjutan,” katanya. 

Menurut dia, masyarakat kota yang kuat dapat mendukung pemerintahan kota yang lebih baik dengan memiliki kontrol dekat dan kemitraan. 

“Oleh karena itu, kita dapati bahwa masyarakat perkotaan yang dikembangkan untuk berkomitmen dan berusaha menuju kota yang berkelanjutan,” tuturnya. (Agus)    

loading...