PB, Jakarta – Indonesia kehilangan lagi salah satu legenda seniman, yang banyak memberikan perkembangan kontribusi bagi pendidikan dunia anak – anak khususnya di bidang mendongeng.

Drs, Suyadi atau biasa disapa dengan Pak Raden, sesuai dengan tokoh yang dimainkannya dalam mengisi suara boneka dalam film anak-anak Si Unyil.

Suyadi juga dikenal sebagai salah satu seniman dalam bidang lukis dalam membuat sketsa, meninggal pada Jumat (30/10) pukul 22.20 wib.

Ditengarai dalam usia 83 tahun, Kesehatan Suyadi sudah dalam kondisi sakit-sakitan, dan seluruh aktivitasnya banyak dilakukan dari atas kursi roda, sementara kondisi ekonomi Suyadi juga sudah tidak sebaik sebelumnya.

Bahkan sebelumnya, Suyadi sempat menawarkan lukisannya kepada Jokowi, ketika masih menjadi Gubernur Jakarta, dengan alasan uang hasil penjualan lukisannya akan dipakai untuk biaya pengobatan.

Tokoh Pak Raden adalah salah satu karakter tokoh dalam Film Si Unyil yang sering diputar di Televisi Nasional TVRI, ketika belum adanya televisi swasta lainnya, dan kesemua boneka dalam cerita adalah ciptaan Suyadi.

Selamat Jalan Pak Suyadi Indonesia kehilangan seorang tokoh dongeng terbaik.

(jalu)

loading...