PB Jember, Pemangkasan ranting-ranting maupun pohon yang mengganggu di sejumlah ruas jalan protokol pusat kota atau luar kota Kabupaten Jember mulai dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember.

Langkah itu dilakukan bersamaan dengan memasuki musim penghujan yang biasanya disertai angin kencang yang sering melanda pusat kota seperti sebelumnya.

Kabid Lalu Lintas Dishub Jember, Gatot Triyono, kepada media ini, Kamis (5/11), membenarkan jika pihaknya mulai melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon di sejumlah lokasi yang ada di pusat kota dan luar kota Jember. Selain untuk merapikan lokasi, juga sebagai antisipasi patah atau mengganggu jalan ketika diterjang angin kencang maupun hujan deras nantinya.

“Saya sudah nyuruh petugas lapangan untuk merapikan ranting-ranting pohon yang melintang ke jalan, menjelang musim hujan, tapi tidak memperkenankan menebang pohon, kecuali bila pohonnya membahayakan,” jelasnya.

Dia mengatakan dari pemantauan di sejumlah lokasi di pusat kota, sementara belum ditemukan ada pohon yang keropos. Dengan demikian cukup dilakukan pemangkasan ranting-rantingnya.
Namun pihaknya juga membuka layanan bila ada informasi dari masyarakat, nantinya akan ditindaklanjut petugas lapangan.

“Kalau ada laporan masyarakat pasti ditindaklanjuti, tetapi khusus menangani pohon yang ada di pusat kota ataupun luar kota, yang jelas-jelas menghalangi pengendara terhadap rambu-rambu lalu lintas,” katanya.

Mengenai pemangkasan ranting, lanjut Gatot, ada yang sudah terprogram dilakukan rutin. Namun ada pula yang dilakukan berdasarkan permintaan, baik dari masyarakat, atau instansi lain seperti kepolisian maupun Dinas lainnya.

“Kami rapikan ranting pepohonan di jalan protokol Kota Jember yang tumbuh hingga menutupi rambu-rambu lalu lintas. Akibatnya rambu-rambu itu tidak bisa menjadi petunjuk bagi pengguna jalan. Kami lakukan agar pengendara bisa melihat dan merasakan nyaman,” ungkapnya.

Gatot menyampaikan, penataan rambu-rambu dilakukan agar petunjuk jalan bisa jelas terlihat oleh pengguna jalan. Hal itu juga berkaitan dengan keselamatan berlalu lintas. “Kegiatan ini akan dilakukan rutin, kami berjanji pepohonan akan tetap dipertahankan agar lingkungan kota Jember tetap rindang. Hanya ranting yang akan dipangkas,” tegasnya. (tik)

loading...