PBm Jember – Memberikan materi tentang wawasan kebangsaan (wasbang) menurut Drs Widi Prasetyo, MPd, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Jember, bukan hanya pada tingkatan sekolah menengah atau atas saja, tetapi Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa ini.

Menurut Widi, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarrnai perjalanannya meraih cita-citanya dimasa yang akan datang.

“Sesuai dengan levelnya tentunya pemberian wawasan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupannya,” jelas Widi kepada media, Sabtu (7/11).

Seperti halnya yang dilakukan Bakesbangpol Jember sebelumnya, dalam memberikan wasbang kepada pelajar setingkat SMA/SMK yang telah membuahkan hasil secara signifikan.

“Kami telah lahirkan ribuan Kader Kesatuan bangsa Indonesia (KKBI) yang belum dimiliki daerah lain,” bebernya bangga.

Dalam hal ini, Bakesbangpol selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jember dan Kepala Sekolah untuk memberikan waktu bagi siswa-siswinya untuk dapatnya mengikuti proram wasbang ini.

“Namun jika nantinya akan dilaksanakan di sekolah dasar, ya mungkin kami akan mendatangi sekolah mana yang ditunjuk untuk bisa memberikan materi seputar wasbang tersebut,” paparnya lagi.

Pemberikan pembekalan Wasbang kepada siswa-siswi SD materinya tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya.

“Selain itu bisa juga dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, ketiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik siswa-siswi sekolah dasar,” ungkapnya.

Sehingga tumbuh rasa Bela Negara, Rasa Cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Sementara itu, Sekretaris Bakesbangpol, Moh Hasyim juga menyampaikan bahwa pihaknya pastinya akan setuju untuk memberikan bagaimana tata cara pemberian materi Wasbang utamanya kepada siswa-siswi SD.

“Memang hal tersebut hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisinya dalam arti bagaimana pemberian Wasbang kepada siswa-siswi SD, karena mereka masih anak-anak, tentunya harus ada pola yang cermat dan tepat sehingga Wasbang yang diberikan mampu dipahami dengan baik,” terang Hasyim.

Saat ditanya tujuan dari pemberian pembekalan wasbang tersebut, Hasyim menyampaikan bahwa pemberian pemahaman terhadap Wasbang utamanya kepada anak-anak SD memiliki nilai yang sagat strategis.

“Hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumberdaya manusia khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini, dalam menunjang Pertahanan Semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

(tik)

loading...