Pembawaberita.com – Peringatan Hari Pahlawan Nasional, diperingati di seluruh kesatuan TNI di Indonesia, tidak terkecuali.

Di Kendari upacara di selenggarakan di Dermaga Lanal Kendari, bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanal Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W. SH diisi dengan kegiatan tabur bunga.

Dalam sambutannya, Aris mengatakan, sebagai generasi penerus jangan mengorbankan apa yangvtelah diperjuangkan oleh para pejuang yang sudah berkorban, ” janganlah mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang negatif,” ujar Aris.

Sebagai contoh dari Bung Tomo selaku pencetus perang Surabaya hingga melahirkan 10 November sebagai hari pahlawan, Aris menginginkan agar para pemuda menjadikan inspirasi dan saling membangun kekuatan bersama.

” Kalau dulu penjajah adalah musuh bersama, saat ini musuh adalah korupsi, narkoba, ilegal fishing, teroris adalah musuh bersam,” ujarnya dan hal ini hanya bisa diberantas dengan bersama.

Purworejo Siapkan Pasukan Pemukul Untuk Kabupaten Morotai

Berbeda dengan Kendari, pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan di Kabupaten Puworejo ada yang berbeda dengan para pasukan yang menjadi peserta upacara.

Kodim 0708 Purworejo menggelar pasukan dalam rangka siaga tingkat I sebagai pasukan siap sedia.

Para pasukan mengenakan Ransel lengkap dengan persiapan tempur berupa Kaporlap, Alat pembersih senjata, alat mandi, bekal makanan selama 3 hari, juga dibantu dengan kesiapsiagaan senjata, alat Komunikasi dan kendaraan.

Kesiapan apel gelar pasukan ini akan diperuntukkan kegiatan latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pulau Morotai Propinsi Maluku Utara, jika diperlukan sesegera mungkin.

Di sela kegiatan, Dandim 0708 Purworejo melalui Perwira seksi Operasi Kapten Inf Ariyadi menyampaikan bahwa tentara itu tetap tentara, baik yang di teritorial maupun di satuan tempur perlakuan untuk siaga tetap sama dan tidak ada perbedaan, yang membedakan hanya tugas sehari-hari yang harus dilaksanakan namun tugas pokok TNI tetap sama, demikian jelas Kapten inf Ariyadi.

(Enel – Kendari)
(Rasikun – Purworejo)

loading...