PB, JAKARTA – Komisi III DPR RI melakukan voting untuk memilih ketua KPK, Kamis (17/12). 

Hasilnya Agus Rahardjo terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk masa bakti  2015-2019.

Sebelumnya, Kelima nama yang maju untuk voting tahap kedua adalah Agus Rahardjo dengan 53 suara, Basaria Panjaitan dengan 51 suara, Alexander Marwata dengan 46 suara, Saut Situmorang dengan 37 suara dan Laode Muhammad Syarif dengan 37 suara.

Wajah lama pimpinan KPK, yakni Johan Budi SP memperoleh  25 suara, serta Busyro Muqqodas dengan 2 suara, lainnya yakni  Barata dengan 14 suara, Sujanarko dengan 3 suara, Robby Arya  dan Surya Tjandra dengan 0 suara.

Pemilihan para pimpinan  lembaga anti rasuah tersebut dilakukan dengan sistem voting sebanyak dua kali, yang pertama untuk menentukan pilihan lima pimpinan KPK yang baru, sedangkan voting kedua untuk memilih  ketua KPK.

Sebelumnya Agus yang mengikuti tes pimpinan KPK pernah mengutarakan agar masyarakat bisa meludahi para koruptor, karena dianggapnya mereka seusai menjalani hukuman, keluar masih tertawa menang.

Agus selain memiliki kekayaan hanya sebesar Rp. 20 juta di tiga rekening, juga sering mengutang ke Bank hanya karena mengawinkan anaknya, sementara Agus adalah salah pejabat eselon II.

(Beb)

loading...