PB, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, telah merilis data terkait anggota DPR RI yang berhasil terpilih menjadi kepala daerah dalam perhelatan Pilkada serentak 2015. Dari total sepuluh anggota DPR RI yang mengundurkan diri dari parlemen, lantaran keikutsertaan mereka maju dalam Pilkada 2015, hanya beberapa saja yang berhasil menang.

Keputusan mundur untuk maju diperhelatan akbar pesta lima tahunan tersebut merupakan amar putusan MK dalam memutuskan judicial review beberapa pasal UU Pilkada pada Rabu (8/7) lalu. Salah satu putusannya memerintahkan anggota dewan harus mundur jika ingin maju dalam Pilkada.

10 anggota DPR RI yang akhirnya mengajukan pengunduran diri dengan perhitungan akan menang Pilkada. Namun berdasarkan penghitungan suara pada form C1 yang direkap dan publikasikan KPU. Tidak semuanya berhasil dipilih rakyat.

Adapun anggota DPR yang berhasil memenangkan Pilkada 2015:

1. Irna Narulita (PPP), calon Bupati Pandeglang yang diusung Gerindra, PKB, PKS, NasDem, PBB, Hanura, dan PAN.

Irna berpasangan Tanto Warsono Arban.

2. Pasangan Olly Dondokambey berpasangan dengan Steven Kandouw menang di Pilkada Sulut.

3. Chusnunia Chalim (PKB), calon Bupati Lampung Timur yang diusung PKB dan Partai Demokrat. Chusnunia berpasangan. Dengan Zaiful Bokharid.

4. Neni Moerniaeni (Golkar), calon Walikota Bontang yang maju melalui jalur independen , Neni berpasangan dengan Basri Rase.

Berikut nama anggota DPR yang gagal dalam Pilkada dan tak bisa kembali ke DPR:

1. Saan Mustopa yang diusung Demokrat, Gerindra, Golkar dan NasDem.

Saan berpasangan dengan Iman Soemantri gagal setelah bersaing berat dengan 5 pasangan kandidat lainnya untuk pemilihan Bupati Karawang.

2. Abdul Hakim, calon Walikota Metro yang diusung PKS dan Gerindra.

Abdul berpasangan dengan Muchlido Apriliast.

3. Zairullah Azhar,yang diusung PKB, NasDem, dan Demokrat.

Zairullah berpasangan M.Sapi’I untuk Pilgub Kalimantan Selatan.

4. Norbaiti Isran Noor, yang diusung Gerindra, Demokrat, PDIP, dan PKPI.

Norbaiti berpasangan Norbaiti Ordiansyah untuk Pilkada di Kabupaten Kutai Timur.

5. Hamid Noor Yasin yang diusung PKS, PAN, Gerindra, dan Demokrat. Hamid Noor Yasin berpasangan dengan Wawan Setya Nugraha dalam Pilkada di Kabupaten Wonogiri

Selanjutnya, Willy Midel Yoseph calon Gubernur Kalimantan Tengah yang diusung PDI Perjuangan. Namun Pilgub di Kalteng ditunda KPU menyusul sengketa di pengadilan. (Beb)

loading...