PB, Jakarta – Arus pulang menikmati liburan panjang di kampung halaman benar-benar ingin dimanfaatkan warga pendatnag dari Jakarta.

Liburan yang mulai efektif sejak Hari Kamis (23/12), memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, memadati seluruh jalur keluar kota Jakarta.

Dari data angkutan liburan Maulid, Natal dan Tahun Baru 2016, terhitung sejak H-7 (18/12) jumlah penumpang di Terminal Kampung Rambutan, sudah mulai menunjukkan kenaikan.

Dari catatan pihak Dishub terminal, H-7 telah memberangkatkan 389 jumlah Bus luar kota dengan jumlah penumpang mencapai 916 orang dan puncaknya pada H-2 (23/12) mencapai 4.978 penumpang dengan kenaikan mencapai 400 persen.

Sementara armada Bus yang diberangkatkan untuk H-2 sudah mencapai 459 Bus, ” jumlah keseluruhan penumpang yang telah berangkat dari terminal Kampung Rambutan, mencapai 15.549 penumpang,” ujar Kepala Terminal Emirald August SE.

Namun jika melihat penumpang diperkirakan melebihi dari jumlah data pihak terminal. Dari pantauan  pembawaberita.com di sepanjang belokan bus luar kota di lokasi lampu merah Pasar Rebo, banyak penumpang yang berdiri menunggu Bus luar kota.

Para calon penumpang ini lebih suka mengambil resiko dengan menghadang Bus yang berbelok arah dari Terminal Kampung Rambutan untuk masuk ke Tol.

Hingga malam masih banyak penumpang yang belum bisa terangkut, baik itu di terminal maupun di sepanjang jalan sekitar Pasar Rebo, Cijantung, Jakarta Timur.

Menurut Emirald kondisi ini dikarenakan terjadi kemacetan panjang di Daerah Cipali dan Puncak arah ke Jakarta, hingga mengakibatkan banyak bus terlambat masuk.

Emirald juga meminta kepada para calon penumpang sebaiknya menunggu Bus di dalam terminal, dikarenakan resiko kecelakaan dengan menunggu Bus di sepanjang jalan cukup besar, ” pelepasan kendaraan dari lampu merah Pasar Rebo dari arah jalan TB Simatupang, kadang kebut-kebutan, ini membahayakan penumpang yang memaksa naik ketika Bus sedang berjalan,” ujarnya.

(jalu)

 

 

loading...