PB Purworejo, Sebanyak 316 personil TNI dari Bataliyon 412 Raider Kostrad Purworejo yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII kembali dari tugas misi perdamaian PBB di Libanon. Para prajurit ini menjalankan tugas misi perdamaian selama satu tahun. Upacara penyambutan pasukan tersebut dipusatkan di alun-alun Purworejo Selasa (29/12). Upacara dipimpin langsun oleh Komandan Brigif 6 Letkol Inf Anhar Permana.

Penyambutan dihadiri Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Czi Tommy Arief Susanto, personil Yonif 412 Raider Kostrad dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Purworejo.

Dalam kesempatan itu Komandan Brigif 6 Letkol Inf Anhar Permana menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada prajurit Yonif 412 Raider Kostrad yang sudah sudah menjalankan tugas perdamaian di Libanon yang dipimpin oleh Danyon 412 Letkol Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo.

“Pasukan Kontingen Garuda dari Indonesia yang diperkuat dari Yonif 412 menempati urutan pertama dibanding 40 negara lainya yang tergabung. Bahkan dibanding satgas sebelumnya, pasukan yang dikirimkan kali ini peningkatan kemampuannya mencapat 40 persen,” katanya.

Danyon 412 Letkol Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo menambahkan, tugas pokok selama di Lebanon adalah mengamankan wilayah perbatasan antara Lebanon dan Israel sepanjang 1,7 kilometer. Sedang untuk wilayah operasi seluas 81 kilometer.

Selain tugas pokok tersebut, lanjut Danyon 412, selama di Lebanon juga mendapat tambahan menjadi kontingen pertandingan militer dan olahraga umum. Dari pertandingan tersebut Yonif 412 yang tergabung dalam kontingen Garuda menjadi yang terbaik.

“Kita menjadi yang terbaik pada pertandingan militer dan olahraga umum dengan mengumpulkan 9 trophi dan 61 medali. Tentunya ini sangat membanggakan bagi kami dan umumnya bagi bangsa Indonesia,” katanya.Pengalungan Bunga oleh Komandan Brigif 06 Letkol Inf Anhar Permana kepada Komandan Yonif 412 Raider Kostrad Letkol Inf Andreas Nanang Dwi PrastowoUcapan selamat datang dari Komandan Brigif 06 Letkol Inf Anhar PermanaPasukan Yonif 412 Raider Kostrad yang baru kembali dari misi perdamaian di Lebanon

Setelah selesai upacara penyambutan di alun-alun, pasukan kemudian berjalan kaki menuju markas Yonif 412 Raider Kostrad yang tidak begitu jauh untuk mengikuti tradisi penyambutan oleh keluarga. (WARDOYO)

loading...