PB, JAKARTA- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan terkait larangan terhadap  organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar),  pemerintah  harus melakukan verifikasi kembali terhadap organisasi atau institusi dengan mengacu pada ideologi dan tujuan yang dimilikinya.

Gafatar menurut Mensos diketahui sering membantu para korban bencana alam dalam bidang kesehatan

“Diberbagai daerah bencana memang mereka cenderung memberikan layanan kesehatan di daerah – daerah yang terdampak bencana,” kata Mensos Khofifah kepada pembawaberita.com, di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta, sesaat lalu.

Khofifah mengatakan, layanan dan format organisasi itu harus jelas. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah soal ideologi yang dimilikinya.

“Jadi harus dilakukan proses verifikasi kembali ideologinya sebetulnya mengarah kemana, jadi fungsi – fungsi sosial dan aspek ideologis yang mereka punya itu (Gafatar) sebetulnya  kearah mana,” katanya.

Jadi kalau misalnya sampai kepada arah untuk merubah struktur pemerintahan, kata wanita asal Jawa Timur ini, dirinya memastikan akan ada mekanisme regulasi yang bisa diberlakukan untuk organisasi -organisasi tersebut (Gafatar dan organisasi sejenisnya) 

Khofifah mengajak organisasi – organisasi yang tidak dilarang pemerintah untuk melakukan yang terbaik dalam  memberikan layanan kepada masyarakat.

“Ayo kita berikan layanan- layanan yang terbaik bagi  masyarakat, dan pastikan bahwa jika  memang kita akan masuk kepada satu kelompok, satu institusi, pastikan bahwa istitusi itu adalah institusi yang memang akan bergerak kepada upaya- upaya yang sifatnya membantu pemerintah dan  bermanfaat bagi masyarakat banyak,” pungkasnya ( Beby)

loading...