eko budiyono kepala sekolah SMPN 2 jember (1)PB Jember, Program Indonesia Pintar (PIP) adalah penyempurnaan dari program Bantuan Asiswa Miskin (BSM) yang diperuntukan pembiayaan pendidikan siswa yang kurang mampu atau dengan kata lain bsiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Hal ini utarakan Eko Budiyono, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jember kepada media, Selasa (19/1) siang saat ditemui diruang kerjanya. Dirinya mengatakan dengan gambling jika lembaganya tidak menerima BSM atau PIP sepeeti yang diprogramkan pemerintah melalui Keentrian PEndidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementrian Agama (Kemenag) pusat ini.

“Kami hanya mendapat siswa yang menggunakan dana BSM hanya satu siswa dari 40 siswa yang kjami usulkan waktu itu, sebab pendataan tersebut dilakukan berdasarkan pendataan Keluarga Kurang Sejahtera (KKS) oleh Dinas Sosial (Dinsos),” jelasnya.

Namun setelah Eko bertemu dengan Menteri Dikbud RI, Anies Baswedan, beberapa waktu yang lalu, maka diusahakan pada tahun ini SMP Negeri 2 Jember akan mendapatkan jatah program PIP tersebut.

“Jika dimungkinkan ada sekitar 500 siswa yang terdata tahun ini,” ungkap Eko.

Adapun tujuan diberikannya PIP kepada siswa melaui Kartu Indonesia Pintar (KIP) ini adalah akan menghilangkan secara ekonomi hambatan siswa dalam bersekolah sehingga ereka akan mendapatkan akses pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik lagi.

“Ini juga diharapkan dapat mencegah siswa putus sekolah akibat kesulitan ekonomi, dan juga dapat menarik kembali siswa yang putus sekolah untuk kembali ke sekolah,” bebernya.

PIP ini menurut Eko juga dapat memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran bagi siswa yang kurang mampu.

“Ini juga mendukung program penuntasan wajib belajar dasar 9 tahun dan pendidikan menengah 12 tahun,” paparnya.

Dan Eko memaparkan lagi jika dalam pengelolaan dan BSM itu tidak sama dengan pengelolaan dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Besarannya hanya Rp 750 per siswa SMP dan pengelolaan tersebut berbeda dengan dana BOS. Kalau BOS itu dikelola oleh Bendahara sekolah sedangkan PIP/BSM dikelola ileh siswa itu sendiri,” ucapnya. (tiek)

loading...