PB, PURWOREJO – Bertempat di Desa Nampu, Kecamatan Purwodadi, Koramil 14 Purwodadi Kodim 0708 Purworejo dan masyarakat setempat melaksanakan bhakti sosial membersihkan makam. Bhakti sosial dipimpin langsung oleh Danramil 14 Purwodadi Kapten Inf Bambang Wahyudi didampingi Pelda Ngabdullah selaku Bamin Bhakti TNI.
Kapten Inf Bambang Wahyudi mengatakan, pembersihan makam dimaksudkan agar lingkungan makam terlihat lebih asri. “Disamping itu dengan dilakukan pembersihan semak-semak kondisi makam akan terlihat lebih luas dan terang,” terang Kapten Inf Bambang Wahyudi.

Kata Kapten Inf Bambang Wahyudi, selama ini warga disibukkan dengan menggarap sawah. Namun saat ini kesibukkan itu sudah selesai dan warga sepakat untuk mengadakan gotong royong kerja bhakti membersihkan makam yang terletak ditengah sawah.

“Karena letaknya yang berada ditengah persawahan dan jauh dari pemukiman warga membuat makam kurang diperhatikan kebersihannya. Padahal banyak warga yang memanfaat makam ini untuk berteduh karena ada pohon besar yang bisa mengayomi mereka dari terik matahari,” papar Bambang Wahyudi.

Masih kata Kapten Inf Bambang Wahyudi, kegiatan bersama masyarakat seperti itu sudah sering dilakukan oleh Koramil. Sehingga antara Koramil dan asyarakat sudah terjalin kedekatan dan hal itu menujang terciptanya kemanunggalan TNI dan rakyat.

Disebutkan, kegiatan bersama masyarakat yang telah dilakukan antara lain, membuat rabat beton, renovasi masjid, pembersihan saluran air/selokan, normalisasi irigasi dan yang lainnya. “Banyak nilai positif yang didapat dari kegiatan ini. Lingkungan makam jadi bersih yang tadinya kurang terawat dan menjadi sarang tikus kini tidak lagi dan bagi peziarah yang hendak menengok makam leluhurnya jadi nyaman,” ucap Kapten Inf Bambang Wahyudi.
Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat, kegiatan tersebut sebagai wujud bahwa generasi penerus tidak boleh lupa dengan sejarah karena yang dimakamkan adalah leluhur yang telah berjasa untuk kemajuan desa. (WARDOYO)

loading...