PB Muna. Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Muna memastikan,  rehabilitasi semua Ruang Kelas (RK) yang rusak berat  di seluruh sekolah di Kabupaten Muna akan tuntas di tahun 2016 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Diknas Kabupaten Muna La Samahu kepada pembawaberita pekan lalu di ruang kerjanya.

“Insya Allah tahun 2016 kita akan selesaikan semua, tentunya kita sesuaikan dengan progres keuangan kita” ujarnya. Kata dia berdasarkan  Data Pokok Pendidikan (Dapodik)  yang dimilikinya.

Di Kabupaten Muna masih tersisa ruang kelas yang rusak berat sebanyak 16 dan yang rusak ringan sebanyak 38 ruang kelas. Di katakannya pula saat ini pihaknya tengah menghitung indeks kemahalan konstruksi untuk masing-masing satuan pendidikan,  mengingat kondisi geografis dari sekolah-sekolah tersebut tidak sama. “Misalnya ada sekolah di pulau kecil itu harga satuan materialnya harus beda dengan yang di daratan pulau Muna, karena kalau ke sana ada transport tambahan yang digunakan” tambahnya lagi. IMG_20160112_101023

Menurutnya, penghitungan indeks harga konstruksi sangat penting guna menghindari potensi Mark Up pada pengadaan material bahan bangunan. “Jadi inilah yang disebut dengan ekskalasi harga, sehingga ada titik temu supaya tidak terjadi mark up” jelas Mantan Manager BOS Diknas Kabupaten Muna ini. (Enel-Sultra)

loading...