PB, PURWOREJO – Lahan percontohan / demontrasi ploting (Damplot) milik Kodim 0708 yang terletak di Kelurahan Doplang, Kecamatan/Kabupaten Purworejo disemprot pupuk organik. Damplot menggunakan lahan milik Sabar, petani setempat yang sudah bekerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letnan Kolonel Czi Tommy Arief Susanto S.I.P mengatakan, Demplot di olah menggunakan sistim moderen sesuai sistem yang dianjurkan Dinas Pertanian mulai pengolahan lahan pembibitan dan penanaman, untuk tanam menggunakan jajar legowo (jarwo).

“Menurut pak Sabar sistim jarwo ini bisa mengirit biaya jika dulu dalam satu lobang ditanami lebih dari tiga bibit, sekarang cukup satu atau dua saja sudah cukup. Karena nantinya akan beranak menjadi banyak dan untuk perawatanya pun lebih mudah. Digunakanya pupuk organik cair ini karena kelebihan pupuk ini selain sebagai tambahan nutrisi daun juga untuk mengembalikan kesuburan tanah, ” kata Letnan Kolonel Czi Tommy Arief Susanto S.I.P di sela-sela penyemprotan, Kamis (21/1/2016).

Dia menuturkan, bibit yang ditanam pun masih muda kurang lebih umur tiga belas hari. Setelah padi umur lima belas hari sudah bisa dilaksanakan pemupukan pertama .”Di demplot ini pupuk yang digunakan pupuk organik cair super MAX dari PT Salimah Putra Kencana Yogyakarta yang merupakan komposisi alami,”ujarnya.

Dejelaskan, setiap Koramil harus mempunyai demplot karena untuk mendampingi petani dan mengajak menjadi petani moderen.  Koramil harus tunjukkan bukti dulu kepada petani baru nanti setelah para petani melihat secara langsung hasilnya,  lambat laun mereka akan mengikutinya.

“Memang kita tidak mewajibkan harus beralih sepenuhnya secara singkat karena tanah yang garap juga perlu penyesuaian, namun harus bertahap dan berkelanjutan,” pungkas Dandim.

Dalam kesempatan itu, Sabar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kodim 0708 Purworejo atas kerja samanya menjadikan lahan miliknya sebagai demplot. Ia juga memberi apresiasi yang luar biasa dengan adanya pendampingan dari PPL (penyuluh pertanian lapangan) Kabupaten Purworejo dan Babinsa.

“Harapan petani khususnya warga Doplang kedepan semoga target swasembada pangan dapat tercapai dan pertanian lebih meningkat, “ ucap Sabar. (WARDOYO)

loading...