PB Jember, Hiburan rakyat yang saat ini lagi booming di wilayah Kabupaten Jember, khususnya Jember utara yaitu Kecamatan Sumberjambe, Sukowono, Ledokombo dan Kalisat. Hampir setiap hari Parade Sound Mini di adakan di setiap Desa. Tak heran apabila bisa menarik ribuan penonton karena melihat sound mini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Parade Sound Mini namaya, sound mini ini dibuat dari mobil kecil berbahan kayu yang di modifikasi dalam bentuk truck, dalam bak truk ada sound sistem ukuran kecil yang di susun. Di belakang sound mini ini.

Ada personil kelompok yang umumnya berjumlah 20 orang mengikuti sambil berjoget mengiringi alunan musik oleh operator soundnya masing-masing.

Perkembangan Parade  Sound Mini berawal dari Kecamatan Sumberjambe yang merambah ke hampir setiap kecamatan dan pelosok Desa di wilayah Jember bagian utara. Setiap acara dan kegiatan apapun tidak bisa di pungkiri lagi untuk menghibur masyarakat pastilah Parade Sound Mini selalu ditampilkan.

Seperti yang digelar di Desa Arjasa Kecamatan Sukowono, kemarin siang, lomba Parade Sound Mini di ikuti oleh puluhan kelompok peserta yang masing-masing menunjukkan keterampilan berjoged dan tata cara menghias mobil kayunya.

Parade Sound Mini ini diikuti oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak usia 5 tahun hingga pemuda dan dewasa 30 tahun ke atas.

Salah satu ketua kelompok Parade Sound Mini, Rofik (25) asal Desa Sumber Pakem, Kecamatan Sumberjambe mengatakan keikutsertaan kelompoknya adalah selain untuk mengikuti lomba juga untuk memperkenalkan Seni Tari Kreasi yang berasal dari Kecamatan Sumberjambe kepada masyarakat luas.

”Kami ikut lomba selain untuk memeriahkan acara lomba juga untuk hiburan yang sangat menghibur masyarakat mas. Selain murah kita bisa joged – joged di tengah jalan, gratis menontonnya,” katanya saat di temui di lokasi.

Sementara itu Tokoh Pemuda Kecamatan Sumberjambe, Subhan Adi menyatakan, bahwa Seni Kreasi tari Parade Sound Mini berawal dari kreatifitas para pemuda di Kecamatan Sumberjambe.

“Keberadaan Seni Kreasi Parade Sound Mini ini  mulai booming sejak dua tahun terakhir bahkan Bupati Jember terpilih dr Hj Faida MMR sering mengikuti atraksi joget bersama,“ ujarnya.

Menurut Subhan sapaan akrabnya, Parade Sound Mini ini mulai berkembang di Kecamatan sekitar seperti Kecamatan Sukowono, Ledokombo dan Kalisat. Sedangkan di Kecamatan Sumberjambe sendiri ada sekitar 100 lebih kelompok Parade Sound Mini.

Pantauan wartawan, perkembangan Parade  Sound Mini berawal dari Kecamatan Sumberjambe yang merambah ke hampir setiap kecamatan dan pelosok Desa di wilayah Jember bagian utara. Setiap acara dan kegiatan apapun tidak bisa di pungkiri lagi untuk menghibur masyarakat pastilah Parade Sound Mini selalu ditampilkan.

Biasanya Seni Tari Kreasi Parade Sound Mini akan muncul di setiap acara yang banyak mengundang massa seperti hajatan, sunatan, kawinan maupun ada pelombaan khusus seperti gobak sodor maupun egrang.

Sudah menjadi tugas pemerintahan yang baru pimpinan dr Hj Faida MMR nantinya yang akan menampung, mengembangkan dan membina tari kreasi baru yang kini mulai berkembang sebagai salah satu karya anak bangsa khususnya warga Jember asli untuk tetap dilestarikan. (tiek)

loading...