PB, Kendari : Danrem 143/HO Kolonel Czi. Rido Hermawan, MSc. memaparkan sejumlah keberhasilan program kerja yang dilaksanakan oleh Korem 143/HO selama tahun 2015. Pemaparan tersebut disampaikan  dalam Rapat Evaluasi Program Kerja TA. 2015 Korem 143/Halu Oleo yang diikuti oleh  para Kepala Seksi (Kasi) dan para Komandan Satuan (Dansat) Jajaran Korem 143/HO pada hari Senin (24/1) di Aula Korem 143/HO.  Pada saat itu Rido memberikan apresiasi terhadap  program kerja Korem 143/Halu Oleo TA. 2015 yang sudah dilaksanakan;  dalam pengarahannya Danrem menyampaikan Korem 143/Halu Oleo beserta jajaran bersama dengan POLRI telah mampu memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pembangunan di wilayah Sulawesi Tenggara yaitu dengan menjaga dan memelihara situasi keamanan diwilayah Sulawesi Tenggara agar tetap kondusif sehingga pembangunan diwilayah Sulawesi Tenggara dapat berjalan dengan aman dan lancar serta melalui program Serbuan Teritorial terlibat secara langsung dalam proses pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik melalui program Karya bhakti, Perlawanan Wilayah maupun dalam program Komunikasi sosial.

Khusus bidang Teritorial Danrem menyampaikan Korem 143/Halu Oleo beserta jajaran baik satuan kewilayahan  (Kodim, Koramil) maupun satuan tempur Batalyon 725/Wrg yang merupakan satu-satunya Batalyon yang ada di Sulawesi Tenggara telah memberikan hasil karya terbaiknya, prestasi yang patut dibanggakan oleh semua Prajurit Satria Dharma Utama,  diantaranya beliau sampaikan, sbb :

1. Program Jambanisasi yang merupakan program dari komando atas untuk masyarakat miskin dan tidak mampu , Korem 143/Halu Oleo semula ditargetkan membuat  2.130 unit jamban tetapi Korem 143/Halu Oleo mampu memenuhi target pembuatan jamban dengan membuat  6.215 unit jamban, hal ini adalah prestasi yang patut dibanggakan oleh semua pihak.

2. Pelaksanaan TMMD ke-94 yang dilaksanakan di Kabupaten Bombana oleh Kodim 1413/buton, dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik.  Sasaran fisik :  pembangunan jembatan permanen dua buah dengan ukuran 4 M X 6 M , pembuatan plat deker 9 buah, peningkatan jalan 7,5 km yang menghubungkan Desa Tahi Ite dan Totole, bakti sosial, meliputi pengobatan massal, pelayanan KB, pasar murah, operasi bibir sumbing dan operasi katarak. Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan radikalisme, penyuluhan pertanian, pertanahan, hukum, hingga peternakan. Selanjutnya TMMD ke-95 di Kabupaten Kolaka Timur Kodim 1412/Kolaka dengan sasaran fisik : perintisan jalan sepanjang 1000 m x 5 m dan 700 M x 4 M di desa Iwoekondo, pengerasan  jalan sepanjang 1200 m x 6 m, pembuatan jalan usaha tani  di 2 tempat didesa Iwoekondo dan desa Teposua kec. Loea sepanjang 1500 M X 4 M, pembuatan 2 deucker plat ukuran 2 M X 6 M, perbaikan rumah  ibadah ukuran 17 M x 14 M di desa loea. Over prestasi pembuatan jalan tani ukuran 400 M x $ M, pembuatan deucer plat ukuran 4 M x 1,5 M, dan pembuatan jembatan gantung di desa wungguloko kec Ladongi serta pembuatan jamban sebanyak 97 buah di di desa kecamatan Loea kabupaten Kolaka Timur. Sedangkan kegiatan  non fisik melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti, pengobatan gratis, sunatan massal, penyuluhan narkoba, Sosialisasi tertib berlalu lintas.

Kegiatan TMMD yang ke-94 yang dilaksanakan Kodim 1413Buton maupun TMMD ke-95 di Kolaka Timur yang dilaksanakan Kodim 1412/Kolaka  berjalan dengan baik dan sukses, bahkan mencetak hasil ‘Over Prestasi” serta mendapatkan apresiasi dari berbagai elemen baik oleh pemerintah setempat maupun kalangan tokoh masyarakat dan masyarakat tempat TMMD dilaksanakan.

3. Melaksanakan Pameran Alusista. Makorem 143/HO pada saat HUT TNI ke-70 TH. 2015, Kodim 1412/Kolaka, 1413/Buton Pada saat TMMD), gelar pameran senjata yang ditampilkan adalah jenis senjata organik yang biasa digunakan oleh organik TNI yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara.

4. Melaksanakan MOU dengan   Instansi Pemerintah / Perguruan Tinggi diantaranya, dengann :

a. Universitas Halu Oleo (UHO) (MoU – Pendampingan KKN).

Selama tahun 2015 sudah 2 x pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa yang dilakukan oleh Universitas Halu Oleo melibatkan para  Babinsa jajaran Korem 143/Ho secara langsung dilapangan.

b. Universitas Sembilanbelas November (USN) (MoU – Pembekalan Bela Negara)

Pada akhir tahun 2015 Korem 143/Halu Oleo  telah melaksanakan pembekalan bela negara secara terpusat terhadap 50 orang anggota Resimen Mahasiswa USN di Yonif 725/Woroagi.

c. BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara ( MoU-Program KB)

Program Pelayanan KB Kes yang secara rutin dilaksanakan oleh Korem 143/Ho dan jajaran bekerja sama dengan BKKBN Propinsi maupun Kabupaten.

d. Dinas Pertanian provinsi Sulawesi Tenggara (MoU Upsus – Pendampingan Babinsa).

Kegiatan pelibatan Babinsa dalam program pendampingan kepada para petani bekerjasama dengan dinas pertanian provinsi dan kabupaten dalam rangka swasembada pangan nasional.

5. Kegiatan Pembekalan Bela Negara yang dilakukan oleh Korem 143/Halu Oleo kepada mahasiswa Perguruan Tinggi di Sulawesi Tenggara diantaranya dengan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari , Universitas Sembilanbelas November Kolaka dan organisasi massa seperti FKPPI dan Banser Ansor dilaksanakan dalam bentuk latihan pembinaan fisik maupun pemberian pembekalan tentang dasar-dasar bela negara.

6. Pelibatan Babinsa dalam Kegiatan Pendampingan KKN mahasiswa di daerah Binaan.

7. Program Pendampingan (Usaha Khusus-Upsus) yang sudah berjalan dari akhir tahun 2014 yang lalu sudah menampakkan hasil yang nyata, hal ini dapat dilihat dari hasil pertanian padi yang semula 4,2 Ton/Ha sekarang meningkat menjadi 6,2 Ton/Ha, terjadi peningkatan produksi pertanian yang signifikan.

8. Kegiatan silaturahmi dengan Toda, Toga, Tomas, kalangan insan pers dan ke unsur Muspida berjalan dengan baik.

9. Kegiatan Pengamanan Pemilukada langsung di tujuh (7) daerah di wilayah provinsi Sulawesi Tenggara (Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Wakatobi, Muna dan Kabupaten Buton Utara),  pada tanggal 9 Desember 2015 berjalan dengan demokratis dan baik sebagaimana yang diharapkan, hal ini menjadi barometer bahwa keamanan di negara kita khususnya di wilayah Korem 143/Halu Oleo sangat Kondusif.

10. Membantu memadamkan Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara pada saat musim kemarau tahun 2015 yang lalu. (Konsel,Konawe, Kolaka Timur)

Sebelum menutup rapat evaluasi dan pengarahannnya Danrem 143/Halu Oleo, Kolonel Czi Rido Hermawan M.Sc memberikan penekanan kepada para Dansat dan Staf Korem 143/Halu Oleo, agar benar-benar selalu mengecek, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan Progja dan Anggaran di satuannya masing-masing, sehingga anggaran dan pelaksanan kegiatan tersebut telah sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan. Pembinaan Satuan adalah merupakan tugas dan tanggungjawab para Dansat, untuk itu hendaknya para Dansat dapat melaksanakan pembinaan satuan secara terus-menerus, serius, penuh dedikasi, inovasi dan kreatifitas guna memajukan satuan masing-masing.  (Enel Sultra)

loading...