PB, Kendari Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi, W. SH, Kamis (4/4)  mendapatkan penghargaan dari Kepala Badan SAR RI Marsekal Madya TNI FX. Bambang Soelistiyo, S.Sos. Pemberian penghargaan dari Basarnas ini merupakan bentuk apresiasi Basarnas terhadap Lanal Kendari yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan dalam upaya proses evakuasi korban KM Marina Baru 02 di Teluk Bone beberapa waktu lalu.IMG-20160204-WA0021

Dalam sambutannya, Kabasarnas RI FX Sulistiyo  menyampaikan ucapan terimakasihnya terhadap pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam proses evakuasi kapal cepat yang mengalami naas tersebut. “Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat aktif baik dari TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan segenap masyarakat” ujar Marsekal Bintang Tiga itu. Dikatakannya pula keberhasilan Tim SAR gabungan dalam proses evakuasi korban KM Marina Baru 02 merupakan bentuk kekompakan dan kesolidan tim yang harus dipelihara dan dikembangkan di masa-masa yang akan datang.

Bambang juga menghimbau partisipasi aktif dari instansi maupun personal untuk senantiasa memberikan informasi perkiraan cuaca mengingat Provinsi Sultra merupakan propinsi kepulauan yang rentan dengan cuaca ekstrim. “Saya juga harap kepada nelayan agar tidak melakukan kegiatan pada waktu cuaca buruk atau kurang bersahabat” ujarnya lagi.

Di akhir sambutannya Perwira Tinggi TNI AU ini kembali mengingatkan agar empat unsur utama SAR yakni SAR, TNI/Polri, Pemda (BPBD dan Tagana red) serta masyarakat senantiasa selalu mengedapankan koordinasi yang baik bila terjadi bencana. IMG-20160204-WA0012

Untuk diketahui personel SAR yang dikerahkan dalam. proses evakuasi Korban KM Marina Baru 02  di perairan Kolaka Utara adalah sebanyak 661 orang terdiri dari personel SAR Makassar dan personel SAR Sultra yang terdiri dari Pemerintah Daerah, TNI – Polri serta Masyarakat.

Selain Danlanal Kendari,  juga turut menerima penghargaan dari Kabasarnas RI adalah diantaranya Wakapolda Sultra Kombes Pol Drs. Razali, Dirpolair Sultra AKBP Andi Anugrah, SIK, Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud dan Kapolres Kolaka Utara AKBP Darmawan Affandy, SIK, .Turut menghadiri acara pemberian penghargaan tersebut adalah Wakil Gubernur Sultra, Kabinda Sultra, Danrem 143/HO, Danlanud Haluoleo, Kakansar Kendari. (Enel Sultra)

loading...