PB, Jakarta – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., dilantik sebagai Ketua Pengurus Besar Persatuan Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi) untuk kepengurusan masa bakti 2015- 2019 oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Tono Suratman di Gedung Serbaguna, Senayan Jakarta, Rabu, (10/02).

Tono Suratman menilai, sudah saatnya Porlasi bisa melahirkan atlet-atlet baru, dan tidak lagi mengandalkan atlet senior, seperti selama ini, yaitu Oka Sulaksana di nomor Windsurfing.

“Tentunya kedepan ada program dan pembinaan yang disiapkan oleh PB Porlasi, demi melahirkan atlet-atlet baru, apalagi kedepan ada event penting, seperti SEA Games 2017, serta AG,” ujar Tono yang ditemui usai pelantikan.

Menanggapi harapan tersebut, pihak Ketua PB Porlasi, Laksamana muda Darwanto SH MAP mengaku dikepengurusan yang baru ini, pihaknya akan menyiapkan pembinaan jangka panjang, dan dimulai dari PON di Jawa Barat nanti.

“Program sudah kita siapkan, pada PON nanti kita akan mulai mencari dan melihat kualitas para atlet muda untuk kita kembangkan, yang tujuannya untuk perhelatan AG nanti,” paparnya.

Darwanto bahkan mengaku akan mempersiapkan uji coba para atlet, yaitu di Jepang dan Qatar, selain itu juga akan disiapkan program pembinaan atlet.

“Selain uji coba, akan diikuti kejuaraan-kejuaraan, serta kami akan lakukan semacam training camp untuk memberikan pelatihan secara teknik atau pengetahuan umum berlayar,” ujarnya.

Setelah pengangkatan sebagai Ketua PB Porlasi, Pangarmatim mengungkapkan menjadi Ketua PB Porlasi merupakan suatu kebanggaan karena organisasi layar sangat digemari oleh Pati berbintang dua tersebut sejak muda, dimana saat menjadi Komandan KRI Dewarucci, Laksda TNI Darwanto pernah meraih berbagai prestasi di dalam maupun di luar negeri.

Pangarmatim juga menyampaikan akan mempersiapkan atlet-atlet yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan ASEAN Games Tahun 2018. Dan bagi atlet-atlet yang berprestasi, Pangarmatim memberikan kesempatan untuk bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

porlasi 4 (Kamal)

loading...