PB, PURWOREJO – Karena ulahnya, Budi Rahayu (48) warga RT 01 RW 02 Kelurahan Pangen Jurutengah, Kecamatan/Kabupaten Purworejo terpaksa harus berurusan dengan Unit Reskrim Polsek Bayan. Pasalnya, karyawan UD Sari Jaya ini nekad membawa kabur uang sebesar Rp 100 juta milik Kamijo (60) yang tak lain majikannya sendiri.

Kanit Reskrim Polsek Bayan Ipda Priyanto SH saat dikonfirmasi awak media membenarkan kejadian tersebut. Dipaparkan, kejadian bermula saat Senin (21/12/2015) Kamijo menghitung uang yang akan disetorkan ke sebuah bank di Kutoarjo. Diruangan itu selain Kamijo juga ada Budi Rahayu ikut menyaksikan penghitungan itu.

“Diduga saat Kamijo lengah tersangka mengambil satu ikat uang senilai Rp 100 juta yang berada diatas meja. Korban baru menyadari uangnya hilang saat penghitungan uang setoran di bank,” katanya.

Lanjut Kanit Reskrim, waktu itu korban hendak menyetor sebesar Rp 692.482.000, namun saat dihitung ulang oleh petugas bank jumlahnya hanya Rp 592.482.000. Mengetahui uangnya kurang Rp 100 juta, korban kembali ke kantor UD Sari Jaya untuk menanyakan pada Budi Rahayu karena pada saat itu tersangka berada satu ruangan dengan dirinya saat menghitung uang.

Namun pada sat itu tersangka sudah tidak ada di kantor. Setelah mencari keberadaan tersangka selama beberapa hari namun tidak juga ketemu akhirnya Kamijo melaporkan kejadian itu ke Polsek Bayan.

Mendapat laporan itu, Kanit Reskrim Polsek Bayan langsung melakukan penyidikan. Sayangnya berdasarkan informasi yang diperoleh ternyata tersangka sudah keburu kabur ke Bandung. Tak mau buruannya kabur begitu saja, Kanit Reskrim Polsek Bayan kemudian melakukan pengejaran ke Bandung.

Namun upaya pengejaran itu tidak membuahkan hasil lantaran dari informasi yang didapat tersangka Budi Rahayu ternyata sudah kembali ke Purworejo. Namun berkat keuletan dan kesabaran Unit Reskrim Polsek Bayan akhirnya pada Jumat (12/2/2016) tersangka berhasil diringkus.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKBP Arsida Septiana SH menjelaskan, sebelum ditangkap tersangka sempat melarikan diri ke Bandung selama dua bulan. “Dari hasil pemeriksaan tersangka mengaku uang Rp 100 juta digunakan untuk foya-foya di Bandung selama kurang lebih dua bulan,” ucap Kapolres.

Guna pemeriksaan lebih lanjut kini Budi Rahayu meringkuk dalam sel tahanan Mapolres purworejo. Juka terbukti bersalah Budi diduga telah melanggar pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (WARDOYO)

loading...