PB, PURWOREJO – Perayaan Imlek di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Thio Hwie Kiong Sabtu (13/2/2016) malam berjalan meriah. Sejak sore ratusan jemaat dan simpatisan sudah memenuhi Klentheng yang terletak di Jl Singodranan atau tepatnya dibelakang pasar Baledono.

Bahkan saking penuhnya warga yang ingin menyaksikan mengakibatkan jalan didepan Klentheng macet. Namun demikian berkat kesigapan aparat arus lalu lintas bisa berjalan meski agak tersendat.

Hadir dalam acara itu calon Bupati Purworejo Agus Bastian, calon Wakil Bupati Yuli Astuti, perwakilan Kapolres Purworejo, perwakilan Dandim 0708, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Purworejo dan tokoh masyarakat.

Perayaan Imlek/Sincia atau Tahun Baru Cina diisi dengan berbagai pementasan seni dan budaya oleh warga Klentheng Thio Hwie Kiong. Acara dibuka dengan penampilan penyanyi-penyanyi cilik. Selanjutnya disusul dengan atraksi bela diri Whusu, Operet dan paduan suara dan ditutup dengan senam kesegaran jasmani.

Penampilan bela diri whusuKetua panitia, Sungkono (75) menjelaskan, pentas seni Imlek masih merupakan bagian dari rangkaian perayaan Tahun Baru Cina yang diselenggarakan di Klenteng Thio Hwie Kiong. Dikatakan, selain pentas seni juga dilaksanakan kegiatan bhakti sosial dalam bentuk pembagian 400 angpao (amplop merah) kepada warga sekitar Klentheng.

“Pembagian angpao sebagai bentuk kepdulian warga Klentheng terhadap sesama utamanya warga sekitar yang kurang mampu baik anak-anak maupun orangtua,” katanya. Dirinya juga memberi apreasi yang tinggi kepada pemerintah, polisi, TNI dan warga sekitar yang telah membantu terselenggaranya acara itu. “Mudah-mudahan suasana harmonis ini akan terjalin sampai kapanpun,” tambahnya. (WARDOYO)

loading...