PB, Kendari  : Komandan Kodim (Dandim) 1416/Muna Letkol Arh Hendra Gunawan, SE. menegaskan bahwa tugas adalah kehormatan, oleh karenanya tugas harus dijalankan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab. Hal tersebut disampaikan oleh Hendra saat memberikan sambutan pada acara ramah-tamah penyambutan dan pelepasan Dandim 1416/Muna di Makorem 143/HO. (17/2). “Tugas itu juga merupakan amanah yang juga saya harus jalankan sebaik mungkin” katanya.

Sebagai  Komandan Kodim 1416/Muna yang baru, dirinya bertekad akan terus melanjutkan keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama. Lanjut Hendra, dirinya akan terlebih dahulu mempelajari kultur sosial dan budaya Masyarakat Muna  sehingga dapat mengidentifikasi persoalan-persoalan di Muna sekaligus untuk memudahkan konsolidasi untuk keamanan dan kenyamanan wilayah.

“Saat ini saya mengajak teman-teman saya generasi muda Kabupaten Muna, untuk memberikan masukan dan teman berdiskusi untuk kemajuan Muna ke depan” ujar Alumnus Akmil 1997 itu lagi.

Sementara itu  kepada Dandim 1416/Muna yang baru, Danrem 143/HO Kolonel Czi Rido Hermwan, M.Sc. kembali mengingatkan agar memahami bahwa  TNI adalah tentara rakyat yang lahir, tumbuh dan dibesarkan oleh rakyat. “Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berkarya untuk rakyat” kata Rido.

Mindset prajurit yang ditugaskan ataupun yang bertugas pada komando satuan kewilayahan berbeda dengan yang bertugas pada komando satuan tempur. “Kepada rakyat kita harus melakukan pendekatan yang persuasif, humanis kepada mereka, karena mereka adalah saudara kita” ujarnya lagi.

Danrem 143/HO  juga mengharapkan agar Dandim 1416/Muna yang baru senantiasa menggalang semua potensi sumber daya yang ada guna terciptanya  stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah sehingga  pembangunan berjalan dengan baik.

Sementara itu Kudus Muharam salah seorang Tokoh Muda Kabupaten Muna kepada media ini mengapresiasi langkah yang diambil oleh Dandim 1416/Muna yang baru dalam upaya mengenal wilayah Kabupaten Muna secara utuh. “Silaturahmi Dandim Muna kepada Tokoh-Tokoh Masyarakat Muna sebelum menjalankan tugas adalah hal yang baru, yang selama ini belum dilakukan oleh pejabat sebelumnya” ujar Kudus. Oleh karenanya dirinya bertekad akan mengajak komponen Masyarakat Muna yang lain untuk bersinergi positif demi kemajuan dan perubahan Kabupaten Muna. “Kami akan berusaha membantu program-program beliau (Dandim 1416/Muna red) khususnya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Muna” pungkasnya.

Untuk diketahui Letkol Arh Hendra Gunawan, SE menjabat Dandim 1416/Muna menggantikan Letkol Inf. Adwin Meyer Sianturi, S.Sos. yang mendapatkan tugas baru sebagai Wakil Inspektur Daerah Militer (Wairdam) VII/Wirabuana. (Enel-Sultra)

loading...