PB-Jakarta : Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengungkapkan, pemerintah dan DPR sudah merampungkan pembahasan tiga isu utama yang tertuang di draf RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) dan akan diundangkan dalam waktu dekat.

“Di pertemuan high level terakhir dengan Komisi XI DPR, tiga isu terakhir (RUU JPSK) semuanya sudah terselesaikan. Jadi, kami mengharapkan bisa difinalisasi,” kata Agus Marto di Kompleks Perkantoran BI Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan, pembahasan RUU JPSK di Komisi XI DPR cukup alot pada pembahasan fungsi makroprudensial. Pada pembahasan RUU ini, pemerintah dan DPR juga meminta masukan dan pendapat dari Gubernur BI sebagai salah satu dari anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Selain itu, kata Agus Marto, isu utama lainnya pada pembahasan RUU JPSK, terkait mekanisme pengambilan keputusan yang menyatakan kondisi tidak normal dan siapa pihak yang memutuskan.

Kemudian, lanjut dia, isu yang cukup menjadi perdebatan pada pembahasan RUU JPSK juga terkait dengan peran dari institusi yang menjadi anggota KSSK.

Selain Gubernur BI, tiga anggota KSSK lainnya adalah Menteri Keuangan, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (Rm/Iqp/end/bd)

loading...