PB, Jakarta – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat dalam pertemuan Tingkat Tinggi Menteri, tingkat Asean-US di Palm Spring, California, kali ini mendapat kejutan.

Kejutan buat Jokowi ke San Francisco Amerika, selasa lalu, untuk mengikuti kegiatan lainnya, berupa demo.

Pendemo berkumpul dan menyambut kedatangan Jokowi yang menghadiri pertemuan dengan kelompok Diaspora di Palace of Fine Art Theatre San Francisco.

Sebagian pendemo adalah warga Indonesia yang memang berada di Amerika. Dan sebagian lainnya adalah warga Amerika.

Dilansir dari Asia Pacific Report, mereka menyebut diri sebagai, ” California Terhadap Reklamasi Bali Benoa – Bay ” minggu ini berkumpul dan menyambut kedatangan Jokowi yang menghadiri pertemuan dengan kelompok Diaspora di Palace of Fine Art Theatre San Francisco.

Demo kali ini juga memprotes pembangunan reklamasi sepanjang 700 hektar yang dilakukan oleh investor Tommy Winata ( pemilik Grup Artha Graha) melalui PT. Tirta Wahana Bali International.

Menurut salah satu pendemo, Gde Putra, demo ini dilakukan sebagai bagian dari solidaritas masyarakat Internasional terhadap permasalahan di Bali.

” Mega proyek yang direncanakan ini tidak hanya menciptakan keresahan pada masyarakat Bali, tapi juga masyarakat Indonesia di Amerika Serikat,” dalam laporan tertulisnya kepada viva.news 17 Februari lalu.

Menurutnya proyek ini akan merusak lingkungan, mengubah ekosistim, abrasi dan banjir pasang di daerah pesisir Bali bagian Selatan.

” Merugikan Bali berarti melukai masyarakat internasional, karena Bali adalah sebuah pulau yang dicintai masyarakat Internasional,” pungkasnya.

(Jall)

loading...