PB-PURWOREJO – Nasib sial menimpa Aji Pamungkas (29) warga RT 01 RW 03 Desa Kedondong, Kecamatan Ngombol. Tanpa sebab yang jelas rumahnya didatangi oknum TNI dan mengobrak abrik isi rumah hingga berantakan. Selain itu, oknum TNI yang memegang senjata pistol shoftgun juga merusak tv 32 inc, sound, mebel dan sepeda motor Honda Supra X 125 milik Aji. Tak hanya itu saja, disamping mengamuk, oknum TNI itu juga menodongkan pistol ke arah Aji dan memukulnya berulang kali.

Saat ditemui dirumahnya, Jumat (26/2/2106), Aji menuturkan, perusakan terjadi Kamis (25/2/2016) sekitar pukul 14.30 WIB. Saat kejadian dirinya sedang keluar untuk mencari makanan tak jauh dari rumahnya. Sewaktu pulang dirinya kaget karena ada orang asing dirumahnya sedang mengamuk dan mengacak-acak isi rumah.

“Saat saya masuk tiba-tiba orang itu menodongkan pistol shoftgun dan memukuli saya berkali-kali. Saya berusaha menghindar dan tidak melawan tapi tetap dipukuli, saya kemudian lari ke rumah kepala desa untuk melaporkan kejadian itu,” kata Aji.

Mendapat laporan dari Aji, Kepala Desa kedondong, Joko Winoto berniat melaporkan kejadian itu ke Polsek Ngombol. Namun ketika menuju Polsek Ngombol dan kebetulan melewati samping rumah Aji, Joko Winoto dicegat oleh oknum TNI tersebut. Joko Winoto ditarik pakainya hingga sobek dan ditodong pistol shoftgun. “Pak Kades melawan dan berusaha merebut pistol sehingga terjadi keributan,” ujar Aji.

Keributan itu diketahui oleh Agus Budiwinarso, putra Joko Winoto, melihat ayahnya ditodong dia berusaha melerai. Karena kesulitan melerai dan khawatir keselamatan ayahnya, Agus kemudian mengambil sabit yang berada di kandang sapi tak jauh dari tempat itu dan membacok kening oknum TNI hingga berdarah. “Setelah itu baru pistol berhasil direbut dan orang itu melarikan diri,” ucap Aji.

Setelah pelaku pergi, Joko dan sejumlah warga kemudian melaporkan kejadan itu ke Polsek dan Koramil Ngombol sambil membawa barang bukti pistol shoftgun. Mendapat laporan anggota Polsek dan Koramil kemudian mendatangi lokasi untuk olah tempat kejadian perkara dan mencari keberadaan pelaku.

Belakangan diketahui pelaku adalah Didik Hariyanto, anggota TNI Angkatan Laut, Marinir Yon 4 Cilandak berpangkat Praka. Setelah beberapa dalam pencarian akhirnya Didik Hariyanto berhasil ditemukan oleh aparat Denpom Purworejo di rumah Tono di Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi. Pelaku kemudian diamankan di Makodim 07 08 Purworejo.

Hingga kini belum diketahui pasti apa penyebab sampai peristiwa itu terjadi. Pelaku merupakan warga Desa Sumbersari, Kecamatan Purwodadi. Namun demikian dari penuturan salah seorang  warga,  balas dendam yang melatar belakangi kejadian itu.  “Sebenarnya permusuhan sudah lama terjadi jauh sebelum pelaku menjadi anggota TNI,” kata warga yang mengaku masih ada hubungan famili dengan pelaku dan korban. (WARDOYO)

loading...